Kiprah PNM di RITECH Expo Bali 2019

Pengunjung di Stan PNM

Madiun - Undangan dari kementerian Ristekdikti kepada Politeknik Negeri Madiun untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan Ritech Expo 2019 dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-24 tidak bertepuk sebelah tangan. Gayung bersambut, Direktur PNM dengan antusias menyambut baik undangan tersebut dan segera membentuk tim pelaksana yang terdiri dari para Dosen dan Karyawan untuk menyusun konsep dan mempersiapkan segala kebutuhan hingga pelaksanaan acara yang digelar di Bali mulai tanggal 24-28 Agustus 2019.

Berbekal kepercayaan yang telah diberikan oleh Kemristekdikti dengan mengingat bahwa tidak semua institusi Perguruan Tinggi mendapat tawaran dan kesempatan untuk berpartisipasi pada acara pameran riset dan teknologi nasional ini dan didukung keinginan kuat dari Direktur PNM untuk terus belajar dan berupaya mengembangkan institusi menjadi lebih baik, maka segenap komponen dengan penuh semangat bahu membahu mensukseskan acara yang baru pertama kali diikuti oleh PNM ini.

Kegiatan pameran (Ritech Expo) pada tahun ini mengambil tema: ‘IPTEK dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0’. Kegiatan yang digelar sebagai kegiatan rutin tahunan ini menghadirkan 185 dari 120 institusi dengan melibatkan beberapa peserta dari kalangan Pendidikan Tinggi (termasuk Politeknik dan akademi komunitas), Lembaga Penelitian (LPNK, Balitbang Daerah, Balitbang Kementerian/Lembaga) dan Industri (Umum, Inovator Daerah, BUMN Industri Strategis). Produk-produk yang dipamerkan meliputi bidang; pangan dan pertanian, kesehatan dan obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, energi, material maju, pertahanan dan keamanan, kemaritiman, penanggulangan bencana, pendidikan, seni, sosial dan budaya. Sedangkan para pengunjung pameran terdiri dari berbagai pihak dari pelajar, mahasiswa, praktisi industri kreatif, UMKM, komunitas dan masyarakat umum.

Konsep kegiatan pameran kali ini akan mengarah ke bentuk wahana dan media informasi interaktif dengan tujuan sebagai berikut; menghadirkan science experience bagi stakeholder maupun pengunjung, mendorong terjadinya transfer knowledge baik antar peserta maupun peserta dengan pengunjung, menjadi parameter perkembangan produk produk inovasi terkini, mendorong proses komersialisasi inovasi, mendukung diseminasi inovasi di bidang industri kreatif di Era Revolusi Industri 4.0.

Keikutsertaan PNM pada kegiatan pameran pameran Ritech Expo kali memiliki arti dan manfaat yang sangat penting. Sebagai sebuah lembaga politeknik negeri baru yang sekaligus juga baru pertama mengikuti kegiatan pameran di tingkat nasional, tentu banyak pengalaman serta informasi berharga yang bisa didapat sebagai bahan dan rujukan pengembangan pada keikutsertaan pada kegiatan selanjutnya di masa yang akan datang.

Sebagai catatan dan sekaligus evaluasi atas kepesertaan PNM pada even pameran kali ini mungkin kekurangan tentu ada, namun secara umum menurut pengamatan segenap anggota tim yang ikut mengawal langsung pelaksanaan kegiatan sejak persiapan hingga usai pelaksanaan bisa disimpulkan bahwa delegasi PNM sudah melaksanakan kegiatan dengan baik, lancar dan sukses. Hal ini bisa dilihat dari animo dan respon para pengunjung stan PNM yang terdiri dari berbagai kalangan sangat tertarik dan terkesan dengan produk inovasi teknologi yang dipamerkan. Sebagai informasi tambahan menurut pengamatan para aggota tim yang juga telah membandingkan stan PNM dengan stan-stan peserta lain di klaster yang sama, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa eksistensi dan potensi yang dimiliki PNM cukup baik dan bisa disandingkan dengan beberapa perguruan tinggi lainya yang lebih senior dan mungkin juga telah berulangkali mengikuti kegiatan pameran di tingkat nasioal seperti ini. Selamat dan sukses bagi PNM, semoga semua pengalaman baru yang diperoleh senantiasa menjadi bahan perbaikan berkelanjutan di masa yang akan datang. (PIP/Humas PNM/29/8/2019).