Kuliah Umum KPK (Roadshow Bus KPK 2019)

Madiun- Mungkin bila khalayak umum mendengar kata ‘KPK’ akan terlintas dalam benak mereka tindakan sebuah Tim dalam operasi penangkapan terhadap pelaku tindak pidana korupsi. Hal ini bisa dimaklumi sebab betapa media cetak dan elektronik sangat bersemangat dalam menyajikan berita operasi KPK terkait penindakan pelaku korupsi. Namun demikian sesungguhnya upaya pemberantasan korupsi di tanah air kita ini tidak hanya dilakukan melalui penindakan pelaku, namun juga dengan melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan edukasi kepada segenap lapisan masyarakat dan juga dengan perbaikan sistem serta pembangunan perilaku dan budaya antikorupsi. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang No.30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 6 (d): “melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi”; dan Pasal 13 (c)“ menyelenggarakan program pendidikan antikorupsi pada setiap jenjang pendidikan” dan pasal 13 (e) “melakukan kampanye antikorupsi kepada masyarakat”.

Dalam kaitannya dengan upaya upaya pencegahan korupsi tersebut, maka salah satu kegiatan yang dilakukan KPK dengan menggelar Roadshow Bus KPK 2019. Pada tanggal 28 s/d 30 Juni 2019 Bus KPK hadir di kota Madiun dalam kegiatan yang mengambil tema ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’. Madiun merupakan kota ke-2 dari sejumlah 28 kota dan kabupaten di 3 propinsi yang akan dikunjungi Bus KPK ini dalam kurun waktu hampir 4 bulan kedepan. Dalam kegiatan Roadshow ini digelar serangkaian kegiatan yang menyasar kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak usia play group, siswa, mahasiswa hingga anggota masyarakat dari berbagai unit kerja dan profesi. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di kota pecel Madiun diantaranya sebagai berikut; kegiatan dongeng untuk anak anak, pemutaran film, pentas musik dan seni budaya, pameran pelayanan publik, soaialisasi pengaduan masyaraka dengan aplikasi ‘jaga’, pembekalan antikorupsi untuk Anggota Legislatif, sosialisasi antikorupsi untuk para pelaku dunia usaha dan industri serta UKM, sosialisasi antikorupsi bagi para guru, sosialisasi bagi masyarakat pada Car Free Day dan juga Stadium General (Kuliah Umum) bagi para mahasiswa di Politeknik Negeri Madiun.

Kegiatan Stadium General (Kuliah Umum) oleh KPK dilaksanakan pada hari Jum’at, 28 Juni 2019 bertempat di Auditorium Budi Tjahjono kampus 1 Politeknik Negeri Madiun. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Pimpinan, Dosen, Karyawan dan sebagian besar peserta dari para mahasiswa. Kuliah umum disampaikan oleh Bp. Budi Santoso (penasehat KPK) dalam sesi pemaparan materi dan diikuti diskusi tanya jawab yang berlangsung hampir dua jam lebih. Dengan kegiatan kuliah umum ini diharapkan akan tumbuh kesadaran pentingnya budaya antikorupsi kuhususnya pada diri mahasiswa sebagai generasi penerus calon pemimpin bangsa di masa depan. Selanjutnya, dengan kegiatan Roadshow KPK ini juga diharapkan masyarakat akan lebih mengenal dekat tentang KPK, mengenal upaya pencegahan tindak pidana korupsi dan ikut serta berperan aktif dalam menjaga, mengawasi dan mencegah praktek korupsi di lingkungan masing masing.
(PIP/HUMAS PNM/28/06/2019)