Meraih mimpi kuliah di PTN melalui jalur PMDK-PN dan UMPN

Madiun- Melanjutkan studi atau kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tentu menjadi impian bagi setiap anak negeri. Kesempatan untuk kuliah ini semakin terbuka dengan dibukanya beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN. Masuk dan diterima di PTN tidak hanya terbatas melalui dua jalur seleksi nasional Universitas dan Institut negeri, namun Politeknik sebagai Perguruan Tinggi Vokasi juga membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui PMDK-PN dan UMPN.

Mengutip apa yang disampaikan oleh Dr.sc. H. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing. HTL, MT., Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Se-Indonesia bahwa; dengan dibukanya jalur seleksi ini para siswa-siswi lulusan SMA sederajat tidak lagi hanya mengandalkan SNMPTN dan SBMPTN, namun mereka juga bisa mendaftarkan diri melalui jalur PMDK-PN dan UMPN untuk masuk dan diterima di Politeknik Negeri.

Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri/PMDK-PN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri vokasi dengan menggunakan seleksi akademik dan prestasi non akademik. Jalur ini dibuka untuk lulusan SMA/SMK/MA yang masih duduk di kelas 12 semua jurusan. Pendaftaran jalur ini dilakukan secara online, sederhana (mudah), dan tidak dipungut biaya. Pendaftaran pun tidak dibatasi kuota tertentu serta akreditasi sekolah tidak menentukan kuota pendaftar. Dari tahun ke tahun peminat dan pendaftar jalur ini jumlahnya meningkat. “Ini menunjukkan bahwa masyarakat makin memahami keistimewaan belajar di Politeknik. Pengembangan skill sangat menonjol melalui komposisi praktikum dan teori dalam proses belajar mengajar,” imbuhnya.

Setidaknya terdapat 42 Politeknik Negeri dari ujung barat ke timur wilayah Indonesia yang tergabung dalam jalur seleksi ini, artinya jalur ini ditawarkan bagi ratusan program studi yang linear, mulai dari saintek, sosial, pariwisata, dan bahasa. Pendaftaran dibuka serentak pada tanggal 4 Februari 2019, dengan cara cukup mengakses www.pmdk.politeknik.or.id. Bagi pendaftar yang belum jelas telah disiapkan menu bantuan, FAQ dan Nomor HP khusus 0804 1567 567 yang dapat diakses pada hari dan jam kerja. Bagi yang ingin mendaftar dapat menghubungi pihak sekolah terlebih dahulu untuk direkomendasi oleh pihak sekolah. Berikutnya, pendaftar akan memperoleh username dan password yang digunakan untuk melengkapi isian dan mengunggah dokumen pendukung. “Pendaftaran jalur ini akan dibuka hingga 6 April 2019 mendatang.

Setelah jalur seleksi PMDK-PN, juga akan dibuka jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri Nasional yang disingkat UMPN. Diharapkan dengan jualur seleksi ini akan dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa untuk bisa belajar di salah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia/ Politeknik. Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia berkembang cukup pesat dan makin fokus mencetak generasi yang siap besaing di era global.

Politeknik Negeri Madiun (PNM), sebagai salah satu perguruan tinggi negeri vokasi/ Politeknik di Jawa Timur bagian barat juga siap menerima para calon mahasiswa baru melalui beberapa jalur penerimaan sebagaimana tersebut diatas. PNM memberi kesempatan bagi para pendaftar untuk memilih beberapa program studi D III dan D IV sesuai minat dan potensi yang mereka miliki sebagai berikut; Administrasi bisnis, Komputerisasi Akuntansi, Akuntansi, Bahasa Inggris, Teknik Komputer Kontrol, Mesin Otomotif, Teknik Listrik, Teknologi Informasi, Perkeretaapian (D IV). Dengan motto: Berkarya, Berprestasi, Menjadi Ahli, di masa datang Pendidikan politeknik akan mengambil peran penting dalam pembangunan bangsa. (PIP/HUMAS PNM 04/02/2019)