Orientasi dan Adaptasi Kehidupan Kampus di Era Pandemi Tahun 2020

Madiun- Dalam balutan baju warna putih dipadu celana hitam dan mengenakan face shield serta masker warna merah beberapa calon mahasiwa baru duduk rapi berjajar dengan kursi yang diatur berjarak 1 meter satu sama lain di hall Politeknik Negeri Madiun pada hari Selasa, 25 Agustus 2020. Nampak wajah-wajah penuh semangat menyimpan seribu satu rasa yang memenuhi dada mereka memasuki lingkungan belajar baru di jenjang Perguruan Tinggi. Dua puluh delapan calon mahasiswa yang dihadirkan oleh panitia Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dalam Upacara Pembukaan PKKMB ini adalah perwakilan dari masing-masing kelas pada tiap Program Studi di PNM. Pada hari tersebut mereka bersiap menerima arahan dari Direktur PNM pada acara pembukaan yang menandai dimulainya PKKMB 2020. Nun jauh di kediaman tempat tinggal masing-masing ratusan pasang mata dari total 741 mahasiswa baru ikut menyimak dengan seksama acara pembukaan tersebut secara Daring (*dalam jejaring).
Berbeda dengan pelaksanaan PKKMB pada tahun tahun sebelumnya yang biasanya diawali dengan DIKLATSAR bekerjasama dengan para pelatih dari Militer. PKKMB tahun 2020 yang berlangsung selama tiga hari (25-27 Agustus 2020) ini menyesuaikan dengan protokol kesehatan dalam suasana Pandemi dilaksanakan tanpa DIKLATSAR dan seluruh sesi materi yang disampaikan oleh para nara sumber disajikan secara Daring. Materi selama tiga hari disampaikan oleh beberapa pihak sebagai berikut: Kemendikbud, MUI, Polresta Madiun, Kodim 803, Telkomsel, BPBD, Kajur, Kaprodi.
Direktur PNM, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, ungkapan rasa bahagia sekaligus bangga bagi keluarga besar PNM mendapatkan warga baru, para mahasiswa dan mahasiswi baru yang diterima pada tahun akademik 2020/2021.
Kedua, ucapan selamat atas keberhasilan para mahasiswa baru yang melampaui persaingan yang sangat ketat meraih tempat untuk belajar di PNM ini. Selamat datang, selamat berjuang, selamat menikmati hari-hari anda mulai saat ini dan masa yang akan datang sebagai MAHASISWA dimana tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama seperti ini.
Direktur juga berpesan kepada segenap mahasiswa baru untuk bisa segera beradaptasi dengan suasana kampus dan pola pembelajaran yang baru yang berbeda dengan yang pernah mereka peroleh pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dalam hal ini menjadi mahasiswa, tentu akan berbeda dengan siswa. Kata ‘Maha’ yang disematkan adalah sebuah cerminan yang istimewa, sekaligus tantangan yang akan dihadapinya. Menjadi mahasiswa, maka kita akan diuji bagaimana menjadi orang yang bertindak sesuai dengan perkataannya. Menjadi mahasiswa berarti, dituntut untuk bertanggungjawab, mandiri, dan banyak memiliki referensi untuk kemampuan akademis maupun non akademis.
Hal baru lainya yang mewarnai PKKMB tahun ini adalah Upacara Pengukuhan Mahasiswa baru melalui Rapat Terbuka Senat PNM. Rapat yang dihadiri segenap anggota Senat PNM tersebut dilaksanakan pada hari ke-tiga kegiatan sekaligus menutup rangkaian acara PKKMB 2020. Semoga kita semua segenap keluarga besar PNM senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan dan perlindungan dari Tuhan YME untuk mampu melaksanakan tugas dan peran masing-masing dengan sebaik-baiknya. (PIP/Humas PNM/ 31/8/2020).