Penandatanganan Kesepakatan (MoU) Antara PNM Dengan Pemkab Magetan

MADIUN- Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, menjadi angin segar tidak hanya bagi warga kampus namun juga bagi segenap lapisan masyarakat.
Ada empat kebijakan penting dalam Kampus Merdeka yaitu Pembukaan Program Studi Baru, Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Badan Hukum dan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi.
Bak gayung bersambut, momentum yang baik ini disambut dengan baik oleh Politeknik Negeri Madiun yang akan menjalin kerjasama dengan Pemeritah Kabupaten Magetan dalam mempersiapkan pendirian Program Studi Baru yang akan berlokasi di Kampus III PNM di Magetan.
Hal ini terungkap sebagaimana disampaikan oleh Direktur Politeknik Madiun, Muhammad Fajar Subkhan, S.T.,M.T dalam sambutanya saat penandatanganan kesepakatan bersama antara Politeknik Negeri Madiun dengan Pemkab Magetan yang dilaksanakan di ruang Ki Mageti, Rabu (12/2/2020).
Beliau menuturkan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan “Kampus Merdeka”, yang salah satu pointnya adalah kebebasan membuka jurusan baru bagi kampus dengan akreditasi minimal B. Hal tersebut tentu menjadi angin segar bagi Politeknik Negeri Madiun untuk mengembangkan sayap dengan membuka program studi baru di Magetan. Direncanakan PNM akan membuka dua prodi di kampus III Magetan yaitu, prodi tentang pariwisata dan pertanian. "Sesuai arahan dari kementerian, PNM membuka prodi yang sesuai dengan potensi daerah melalui sistem pendidikan vokasi".
Selanjutnya, dengan ditandatanganinya MoU tersebut, PNM akan segera bergerak untuk pemenuhan infrastruktur dan SDM. "Untuk lokasi nanti direncanakan di kawasan Sukomoro. Saat ini kami sedang mempersiapkan tenaga dosen serta perangkat lainnya," imbuh Direktur PNM.
Sementara itu Bupati Magetan, Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si menyampaikan bahwa momen tersebut menjadi sejarah dengan akan dibangunnya Politeknik Negeri Madiun Kampus III di Magetan.
Dalam kesempatan tersebut Bupati juga berkeyakinan bahwa dengan makin majunya dunia pendidikan di Magetan tentu juga akan menjadi pengungkit berkembangnya sektor lain di Magetan. Karena itu, ia meminta OPD terkait untuk terus membahas dan mematangkan rencana pembukaan PNM Kampus III. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Magetan Sujatno, Sekda Magetan Bambang Trianto beserta jajaran OPD terkait dan jajaran pimpinan PNM.
Dengan semangat, kerjasama dan sinergi yang baik serta do’a segenap masyarakat Magetan khususnya, semoga upaya ini dapat segera terlaksana dengan baik dan lancar serta memberi kemanfaatan yang sebesar besarnya bagi pembangunan bangsa. (PIP/Humas PNM/ 12/2/2020).