Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Program SMK-D2 Fast Track PNM

Madiun- Sebagai tindak lanjut atas sosialisasi program yang digagas oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud RI yaitu program SMK-D2 Fast Track yang disampaikan dalam Forum Group Discussion (FGD) yang telah dilaksanakan di PT. INKA (Persero) Madiun beberapa waktu yang lalu, pada hari Jum’at tanggal 13 November 2020 bertempat di Aula Graha PT. INKA (Persero) Madiun, dilaksanakan  peluncuran (launching) Program SMK-D2 Jalur Cepat (Fast Track) dan Program Peningkatan Prodi Program Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan oleh Dirjen Diksi serta peluncuran Manufacture Institute PT. INKA (Persero) Madiun.

Acara peluncuran (launching) tersebut dihadiri oleh jajaran Pimpinan PT. INKA (Persero) Madiun sebagai tuan rumah, Direktur dan Wakil Direktur Politeknik Negeri Madiun (PNM), Direktur PPNS, Direktur Polimarin Semarang, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, beberapa Kepala SMK Negeri dan Swasta di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai mitra binaan industri, serta perwakilan Dunia Industri. Program yang sedianya akan diluncurkan oleh Dirjen Diksi Kemendikbud RI Bapak Wikan Sakarinto, M.Sc., Ph.D. secara langsung, akan tetapi karena sesuatu hal, beliau hanya meluncurkan program tersebut secara daring (melalui aplikasi zoom). Adapun sambutan secara langsung dihadiri dan digantikan oleh Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemendikbud RI Bapak Dr. Beny Bandanadjadja, S.T., M.T.

Seusai peluncuran (launching) Program SMK-D2 Jalur Cepat (Fast Track) dan Program Peningkatan Prodi Program Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan oleh Dirjen Diksi serta peluncuran Manufacture Institute PT. INKA (Persero) Madiun, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Politeknik Negeri Madiun (PNM) – Direktur PT. INKA (Persero) Madiun – SMK PGRI 1 Mejayan Kabupaten Madiun sebagai salah satu mitra binaan PT. INKA (Persero) Madiun yang disaksikan secara langsung oleh Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemendikbud RI Bapak Dr. Beny Bandanadjadja, S.T., M.T. Selain itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur PPNS dengan mitra programnya serta Direktur Polimarin Semarang dengan mitra programnya.

Dengan adanya peluncuran (launching) tersebut, diharapkan pelaksanaan program SMK-D2 Jalur Cepat (Fast Track) tersebut, akan terlaksana dengan baik, pernikahan (link & match) segitiga, yaitu SMK, industri dan kampus vokasi baik PNM, PPNS, Polimarin Semarang, juga kampus yang lain terwujud, dengan tujuan menghasilkan lulusan proram SMK-D2 Jalur Cepat (Fast Track) yang lebih kompeten dan mampu memenuhi kebutuhan industri, karena industri ikut terlibat secara langsung dalam penyusunan kurikulum dan proses pengajarannya. Pada saat mengikuti program tersebut, lulusan tidak hanya mendapatkan bekal kompetensi dari guru di SMK masing-masing, akan tetapi juga dari dosen perguruan tinggi/ahli/expert/profesional/manager/GM dari industri. Selain mendapatkan ilmu pada saat di bangku sekolah, lulusan bisa magang langsung di industri yang dilaksanakan pada semester 8 dan 9.

(ris@pnm)