PNM Genjot Kolaborasi Institusi Pendidikan Vokasi dengan IDUKA

Madiun- Selasa, 6 Oktober 2020 Direktur Politeknik Negeri Madiun berkesempatan menghadiri undangan dari SMK PGRI Mejayan yang akan mengimplementasikan salah satu program Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur SMK yaitu Program Pengembangan Pusat Keunggulan “Center of Excellence” (COE). Kegiatan ini dilaksanakan di aula SMK PGRI 1 Mejayan Jl. Kolonel Marhadi No. 25 Mejayan Madiun. Hadir dalam kesempatan ini Direktur PNM beserta Kajur Teknik dan beberapa Dosen serta beberapa tamu undangan lainya yaitu: Pendamping Program Center of Excellence Direktorat SMK, BAPPEDA Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, PT. INKA, PT. REKAINDO GLOBAL. Kegiatan yang diprakarsai SMK PGRI Mejayan ini sesungguhnya dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan.


Dalam sambutannya Kepala SMK PGRI Mejayan, Drs. Sampun Hadam, MM. memaparkan beberapa bentuk kegiatan unggulan dan capaian yang telah ditorehkan SMK PGRI Mejayan. Selanjutnya, beliau juga menyatakan besar harapan untuk menjalin kerjasama dengan Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi (PNM) dan juga IDUKA (PT.INKA MADIUN). Pada sambutan berikutnya Direktur PNM menyatakan kesiapan dan komitmennya untuk menjalin kerjasama dengan instansi pendidikan menengah vokasi dan juga Instansi IDUKA. Dalam kesempatan ini Direktur PNM menyampaikan juga gambaran konkrit terkait peluang dan hambatan yang dimiliki institusi pendidikan vokasi di era milenial ini. Senada dengan dua sambutan sebelumnya, Direktur Kerjasama PT. INKA menambahkan bahwa pada prinsipnya pihak INDUKA siap berkerjasama dengan instansi pendidikan vokasi namun semua bentuk kerjasama tersebut sesungguhnya juga tergantung kepada seberapa cepat pihak sekolah masing-masing dalam merespon tawaran terbuka dari instansi industri ini. Demikian juga disampaikan pada dua sambutan berikutnya dari Pendamping Program Center of Excellence Direktorat SMK dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang memaparkan beberapa prestasi dari beberapa SMK di propinsi Jawa Timur dan dukungan akan terlaksananya kegiatan yang akan dilaksanakan SMK PGRI Mejayan.


Sebagai penutup dari kegiatan ini dilanjutkan dengan Penandatanganan MOU antara SMK PGRI 1 Mejayan dengan Politeknik Negeri Madiun. Dengan kesepakatan kerjasama ini diharapkan kedua belah pihak akan bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman yang membawa manfaat dalam pengembangan institusi masing-masing. (PIP/Humas PNM/ 07/10/2020).

(ris@pnm)