Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) PNM Tahun 2020

KAMPANYE PENCEGAHAN COVID 19 DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA DI TENGAH PANDEMI.


Madiun- Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh salah satu Tim dari Politeknik Negeri Madiun Tahun 2020 Dalam Rangka KAMPANYE PENCEGAHAN COVID-19 DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA BAGI MASYARAKAT KELURAHAN NAMBANGAN KIDUL KOTA MADIUN, dilaksanakan dengan pemasangan banner yang berisi himbauan kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan dan pola hidup 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan, Menjaga jarak) serta Pelatihan Pengolahan Ikan Kekinian. Kegiatan ini diikuti 20 peserta, untuk menumbuhkan dan memberadayan keluarga terdampak Pandemi Virus Corona yang dilaksanakan di aula kelurahan pada Hari Kamis, 10 September 2010. Dibuka dan dihadiri oleh Sektetaris Kelurahan, LPML, serta Babinkabtibmas.

Wabah virus COVID-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, mengakibatkan seluruh masyarakat Indonesia harus menerapkan physical distancing dalam semua kegiatan. Namun kesadaran masyarakat tentang pencegahan Pandemi Virus Corona ini belum secara merata. Di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang, tetap di rumah adalah opsi terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu perlu kampanye yang masif guna “Mencegah Covid-19” dengan spanduk yang komunikatif di tengah-tengah masyarakat. Demikian pula akibat atau dampak wabah virus ini, terhadap Angka pengangguran diperkirakan melonjak. Kemungkinan akan ada 25 juta pengangguran akibat kegiatan usaha terhenti dan tidak ada pekerjaan untuk buruh bebas. Sedangkan akibat gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), diperkirakan 8 juta orang bakal menganggur. Pengangguran dari kalangan pelaku usaha juga diprediksi sebanyak 8 juta orang. Jika merujuk data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2019, ada sebanyak 26 juta pekerja yang berusaha sendiri, dan pekerja bebas/pekerja keluarga tercatat berjumlah 26,5 juta orang. Diprediksi ada 10 juta orang yang akan menganggur. Sementara 10 juta pekerja lainnya akan bergantung pada pendapatan yang mengalami penurunan hingga 40 persen lebih. Masih menurut hasil survei yang sama, jika Pandemi Virus Corona masih terjadi, 10 juta pekerja mandiri tersebut diperkirakan kesulitan mendapatkan pekerjaan serta sulit memenuhi kebutuhan hidup. Sementara di antara 26,5 juta pekerja bebas atau pekerja keluarga, 15 juta orang diprediksi akan menganggur.


Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun daya dengan mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkan diri dan keluarga di tengah Pandemi Virus Corona ini. Ekonomi adalah segala usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan guna mencapai kemakmuran hidupnya. Produktif Artinya banyak menghasilkan, dan atau mampu berproduksi. IRT (Industri Rumah Tangga) adalah sebuah wadah organisasi wanita yang di dalam jajaran kepengurusan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Nambangan Kidul Kota Madiun. Menggali, memanfaatkan dan mengembangkan usaha produktif terutama bagi masyarakat terdampak Covid-19 umumnya khususnya para wanita, dengan cara membuat suatu kegiatan ekonomi produktif melalui “Pelatihan Olahan Ikan”. Selanjutnya dapat dirumuskan masalah yaitu: Bagaimana Pemberdayaan kelompok IRT ekonomi produktif “Olahan Ikan Lele“. Mendampingi kelompok ibu-ibu PKK dengan cara demonstrasi memasak/mengolah ikan dan memberikan pelatihan tutorial dalam FlascDisc yang berupa vidio/film. Tanggal 10 September 2020, kelompok usaha diberikan instruksi mengenai tahapan pengolahan dan penanganan pasca pengolahan dan penjualan. Kelompok masyarakat di 15 RW dan PKK bersama dengan pemerintah kelurahan serta didukung oleh Politeknik Negeri Madiun. Kedepan akan bahu membahu berupaya memajukan Kelurahan Nambangan Kidul Kota Madiun pada masa Pandemi Virus Corona, dengan memberikan pembekalan keterampilan secara daring (on line), dalam proses; Pengembangan sistem kemitraan, dan Penyediaan sistem informasi jaringan pemasaran online hasil produksi. (Doedyk)(humas@pnm)