Rapat Kerja Penyusunan Rencana Strategis PNM Tahun 2020-2025

Madiun- Santai Tetapi Serius. Selama tiga hari atau lebih tepatnya mulai hari kamis tanggal 22 nopember 2019 sampai hari sabtu tanggal 24 nopember 2019, seluruh jajaran pimpinan mulai dari Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bagian beserta Admin, Kepala Sub Bagian, Ketua Jurusan dan Sekretaris, Kordinator program Studi, Kepala Pusat dan Sekretaris beserta Kepala Unit Kerja, melaksanakan rapat kerja dalam rangka penyusunan RENSTRA tahun 2019-2024 dan penyusunan rencana kegiatan tahun 2020. Pada hari kamis pagi tanggal 22 nopember 2019 seluruh peserta rapat kerja sebelumnya berkumpul di kampus-1 PNM, dengan naik bus yang sudah disediakan panitia berangkat menuju Lamongan pada pukul 07.00 WIB. Alhamdulillah pada pukul 11.30 sampai di tujuan dengan lancar dan selamat. “segar...” itulah komentar dari beberapa peserta yang baru menghabiskan segelas minuman tradisional lamongan berupa legen, yang telah disediakan pihak hotel untuk menyambut tamu yang akan bermalam.

Setelah menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan kunci kamar masing-masing, para peserta rapat kerja berkesempatan masuk kamar untuk istirahat sejenak dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat dhuhur bagi yang beragama Islam dan makan siang di restoran hotel dan dilanjutkan menuju ke hall untuk mengikuti pemaparan materi-1 yang dilaksanakan mulai pukul 14.30 dan berakhir pada pukul 17.30. acara selanjutnya Ishoma yakni istirahat, sholat makan yang akan dilanjutkan dengan Rapat Senat pada pukul 19.00, adapun peserta yang lain bisa beristirahat untuk persiapan mengikuti kegiatan pada hari ke-2.
Kegiatan hari ke-2 (Jum’at tanggal 23 nopember 2019) diawali dengan senam pagi bertempat di samping kolam renang hotel yang dimulai pada pukul 06.00. para peserta menggerakkan seluruh anggota badan mengikuti gerakan yang dicontohkan oleh instruktur di depan. Keringat bertetesan mengiringi bermacam-macam gerakan para peserta. Selama kurang lebih 30 menit para peserta mengikuti gerakan yang dicontohkan instruktur diselingi dengan teriakan-teriakan yang menambah keramaian dan keriuhan senam. Setelah istirahat beberapa waktu, pukul 07.30 dilaksanakan kegiatan OUTBOND bertempat di Play Ground WBL. Kegiatan tersebut diisi dengan permainan-permainan ringan akan tetapi membutuhkan kekompakan dan kebersamaan semua anggota dari masing-masing tim. Adapun tujuan akhir dari permainan tersebut adalah untuk menambah kekompakan dan kebersamaan seluruh keluarga besar PNM. Kegiatan berakhir menjelang waktu sholat jum’at yang dilaksanakan di musholla Al-Ikhlas yang berlokasi di area sekitar parkir hotel.
Selesai melaksanakan ibadah sholat jum’at, para peserta makan siang dan dilanjutkan dengan rapat kerja sesi-1 yang berlangsung dari pukul 13.00-17.00. rapat kerja ini dipimpin oleh Wakil Direktur-I bidang akademik dibawah arahan Direktur serta diikuti oleh semua Ketua Jurusan, Kordinator Program Studi, Kepala Pusat, Kepala Unit Kerja yang membicarakan mengenai rencana kegiatan dibawah koordinasi Wakil Direktur I. kegiatan sesi-1 diakhiri dengan Ishoma, dilanjutkan dengan kegiatan sesi-2 yang berlangsung dari pukul 18.30-20.00. kegiatan sesi-2 ini dipimpin oleh Wakil Direktur-II bidang keuangan dibawah arahan Direktur serta diikuti oleh semua Ketua Jurusan, Kordinator Program Studi, Kepala Pusat, Kepala Unit Kerja yang membicarakan mengenai rencana kegiatan dan anggaran dibawah koordinasi Wakil Direktur II.
Selesai sesi-2, dilanjutkan dengan makan malam berupa barbeqyu yang menyuguhkan aneka olahan ikan yang dimasak dengan cara dipanggang. Para peserta dengan sabar antri untuk mengambil lauk pilihan masing-masing. Para peserta asik menikmati makan malam diiringi dengan hiburan lagu dari bermacam-macam genre disertai iringan electone yang diisi dengan lantunan lagu barat, pop, nostalgia, sampai lagu dangdut yang sedang viral. Untuk lebih menyemarakkan suasana, salah satu dosen yakni bapak Imam menyumbangkan suaranya melalui beberapa lagu. Tidak mau kalah, bapak Direktur juga ikut menyumbangkan suaranya. Bahkan beberapa rekan karyawan terlihat asik berjoged menambah meriahnya hiburan. Pukul 21.30 hingga usai dilanjutkan dengan rapat kerja sesi-3 yang dipimpin oleh Bapak Direktur diikuti oleh Wakil Direktur III bidang kemahasiswaan, badan kerjasama (BAKERMA), Senat serta para peserta rapat kerja.
Hari ke-3 (Sabtu tangal 24 nopember 2019) pagi tidak ada kegiatan resmi dan hanya diisi dengan makan pagi. Pukul 08.30 baru dilanjutkan dengan pemaparan materi-2 oleh bapak Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.,Sc. (Plt. Dirjen Kelembagaan KEMDIKNAS) selaku narasumber yang memberikan arahan mengenai kebijakan dan rencana strategis KEMDIKNAS mengikuti perubahan lembaga yang sebelumnya KEMRISTEKDIKTI menjadi KEMDIKNAS. Kegiatan berakhir pada pukul 11.00 dilanjutkan dengan beres-beres barang bawaan dan check out dari hotel. Karena satu hal, bus yang sedianya menjemput ke hotel terlambat datang, sehingga para peserta harus sabar menunggu. Pada pukul 14.00 bus baru datang, para peserta langsung naik untuk melanjutkan perjalanan wisata religi ke Masjid Namira lamongan dan selanjutnya menempuh perjalanan kembali ke kota Madiun. Alhamdulillah, pada pukul 20.30 rombongan para peserta rapat kerja sampai di halaman kampus-1 PNM dengan lancar dan selamat. (ris_pnm)