Rapat Pimpinan Direktur PNM dengan Direktur Pengembangan PT. INKA (Persero)

Madiun- Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Bapak Wikan Sakarinto, M.Sc., Ph.D. pada beberapa waktu yang lalu saat launching SBMPN 2020 agar Institusi Perguran Tinggi mengawinkan/Menikahkan antara Intstitusi Pendidikan Tinggi dengan Industri, pimpinan PNM secara proaktif terus menjalin komunikasi dan kerjasama yang sudah terbina secara intensif dengan PT. INKA (Persero) Madiun. Pada hari Rabu 17 Juni 2020, bertempat di ruang rapat pimpinan PT. INKA berlangsung pertemuan antara Direktur PNM (M. Fajar Subkhan) dengan Direktur Pengembangan PT. INKA (Agung Sedaju) guna mendiskusikan beberapa isu strategis yang akan dikembangkan kedua belah pihak dimasa mendatang diantaranya sebagai berikut:

1. Pihak INKA dan PNM akan berkonsultasi dengan Dirjen Vokasi untuk pengembangan Prodi TKA yang nantinya akan bekerjasama dengan negara Swiss.
2. Mempelajari ilmu tentang Kereta Api dengan negara Swiss baik dari PNM maupun INKA.
3. Meningkatkan kerjasama antara PNM dan INKA terkait bidang Perkeretaapian.
4. Sekolah bidang Vokasi diharapkan sampai dengan melakukan riset dan perlu mitra.
5. Piramida Puncak dan Piramida Bawah PNM harus ada (roadmap kerjasama dengan INKA) dengan pengertian Piramida atas : Kerjasama di bidang teknologi perkeretapian, Piramida bawah : kerjasama bidang SDM.
6. Mengadakan bermacam-macam pelatihan antara PNM dan INKA.
7. Membuat dan mengadakan training yang bersertifikasi agar dapat mempunyai nilai jual dan daya saing yang tinggi.
8. Tempat training sementara akan disiapkan oleh INKA bertempat di Kuwiran, kab. Madiun yang bisa menampung kurang lebih 80 orang.
9. Memperbanyak atau menambahkan kurikulum yang berhubungan dengan industri Kereta Api.
10. Untuk mahasiswa TKA nantinya di PNM hanya 1 (satu) tahun dan sisanya 3 (tiga) tahun di INKA, dengan memperdalam materi tentang pengenalan alat-alat pada tahun ke-2, pada tahun ke-3 tentang desain dan tahun ke-4 tentang Engineering.


Semoga dengan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik antara Institusi Pendidikan dalam hali ini PNM dan PT. INKA (Persero), akan menghasilkan SDM yang unggul untuk menuju Indonesia maju.


(PIP/Humas PNM/ 17/06/2020)