Tim Cakra Jagad PNM Naik Podium pada KMHE 2018

KMHE atau Kompetisi Mobil Hemat Energi adalah event yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Republik Indonesia (Kemenristekdikti) tingkat nasional. Setiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi 2 kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype. Mobil dalam KMHE dibagi menjadi 4 kelas berdasarkan motor penggerak yang digunakan, diantaranya Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Etanol, MPD Diesel dan Motor Listrik.

Pada tahun ini Politeknik Negeri Madiun (PNM) kembali mengikuti kompetisi tersebut yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang pada tanggal 27 November – 1 Desember 2018. KMHE kali ini diikuti oleh 110 tim dari 63 perguruan tinggi di Indonesia. PNM mengirim 14 mahasisiwa yang terbagi dua tim yaitu Cakra Jagad Etanol dan Cakra Jagad Gasolin. Hasil kontes, tim Cakra Jagad Etanol mendapat peringkat 2 nasional dalam kelas Prototype Etanol dari 4 peserta. Sedangkan tim lainnya yakni Cakra Jagad Gasolin merebut peringkat 4 nasional kelas prototipe MPD Gasolin dari 9 peserta.

Perlu waktu 6 bulan untuk mempersiapkan mobil hemat energi ini. "Persiapannya mulai dari riset di kampus, seperti riset body dan mesin. Kemudian pengiriman mobil melalui kargo menuju Padang," ucap Reza, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Otomotif semester 5 selaku ketua dari Tim Etanol. Ia pun juga mengatakan bahwa konsep dari mobil ini adalah mobil hemat energi dan ramah lingkungan serta mengedepankan Aerodinamik. [G-Plasma]