UMPN 2016 Politeknik Negeri Madiun

Ujian Masuk Politeknik Negeri se-Indonesia serempak dilaksanakan pada hari Sabtu 11 Juni 2016. Pelaksanaan UMPN di Politeknik Negeri Madiun dibagi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00 – 11.30 WIB untuk bidang Rekayasa yang meliputi prodi Teknik Listrik, Mesin Otomotif dan Teknik Komputer Kontrol. Sesi kedua dilaksanakan untuk bidang Tata Niaga yaitu prodi Komputerisasi Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Bahasa Inggris pada pukul 13.00 – 15.30 WIB.

UMPN dilaksanakan di gedung kuliah M. Nuh dan Hall Politeknik Negeri Madiun yang diikuti oleh 1.321 peserta dari total sekitar 1.800 pendaftar. Ketua Pelaksana UMPN di PNM, Bapak Fredi Susanto menuturkan “Pelaksanaan UMPN kali ini berjalan dengan lancar, meskipun ada sedikit kendala, yaitu ada peserta yang datang terlambat. Namun, kendala tersebut tidak sampai mengganggu peserta yang lain. Selain itu, beberapa peserta belum mengunggah foto dan mencetak kartu secara online pada batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan”.

            Pada dasarnya UMPN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lau, yaitu pendaftaran sampai dengan mencetak kartu ujian dilakukan secara online. Hanya saja pesertanya meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah peserta yang akan diterima melalui jalur UMPN adalah 40% dari jumlah pendaftar PMB tahun 2016 yang terdiri dari tiga jalur. Dua jalur lainnya adalah jalur PMDK-PN yang telah ditutup pendaftarannya dan jalur Mandiri yang sedang berlangsung saat ini. Pengumuman hasil UMPN akan diumumkan pada tanggal 21 Juni 2016 yang dapat dilihat di Kampus 1 PNM atau melalui website di http://pmb.pnm.ac.id.

            Salah satu peserta UMPN Politeknik Negeri Madiun sempat memberikan testimoni bahwa ujian berjalan dengan lancar, didukung dengan fasilitas yang memadai. Harapan peserta tersebut agar PNM dapat menambah ruang ujian agar peserta tidak melaksanakan tes di ruang terbuka. (Bry,Gal,Rin,Va.G-PLASMA)