Website PNM Terbaik Ketiga Nasional

Pergelaran perdana yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berlangsung di Universitas Sumatera Utara (USU), pada Selasa (16/01) malam. Kegiatan perdana ini diusung dengan nama "Anugerah Humas PTN/Kopertis 2017" yang dirangkai dengan kegiatan Welcome Dinner Rakernas Kemristekdikti 2018. Acara ini bertujuan sebagai ajang apresiasi atas kinerja Humas PTN dan Kopertis selama tahun 2017 yang telah berperan sebagai diseminator informasi Kemenristekdikti (ristekdikti.go.id).

Berdasarkan surat undangan dari Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemristekdikti (12/01), diberitahukan bahwa lembaga kehumasan Politeknik Negeri Madiun (PNM) terpilih sebagai salah satu nominasi Anugerah Humas PTN/Kopertis 2017. Selanjutnya, Direktur PNM bapak Muhammad Fajar Subkhan, S.T., M.T dan Kepala Penyusun Informasi dan Publikasi bapak Muhammad Supriyanto, S.E., M.M. bertugas ke USU Medan untuk menghadiri acara tersebut.

Penjurian pada Anugerah Humas PTN dan Kopertis telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 oleh Dewan Juri yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti. Para Dewan Juri Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 ini merupakan para profesional dalam bidang komunikasi dan kehumasan baik dengan berbagai latar belakang akademisi, pakar maupun praktisi yang bekerja secara independen dalam menilai kinerja humas PTN dan Kopertis.

Kategori peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :

  1. Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH)
  2. Perguruan Tinggi Negeri BLU & Satker (Non-Politeknik dan Non PTNB)
  3. Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTN-B)
  4. Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta

Sedangkan indikator yang diambil dalam penilaian yaitu :

  1. Kreativitas
  2. Komunikasi Kebijakan Kemenristekdikti
  3. Representasi Kelembagaan
  4. Perspektif Humas

Untuk penilaian, dibagi menjadi tiga kriteria yakni pengelolaan website, pengelolaan media sosial, dan pengelolaan publisitas. Khusus untuk kriteria pengelolaan website, meskipun tergolong Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB), PNM berkompetisi dengan seluruh Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. Dan hasilnya, PNM mendapatkan Peringkat III kategori website terbaik Politeknik Negeri se-Indonesia. Adapun hasil dari penilaian Dewan Juri kategori website terbaik yakni :

  1. Politeknik Negeri Malang
  2. Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  3. Politeknik Negeri Madiun

 

Semoga dengan diraihnya prestasi di awal tahun 2018 ini bisa menambah semangat baru dalam bekerja dan mengabdi untuk negeri. Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas. (Ipus & Ard : G-Plasma)

Link terkait : https://ristekdikti.go.id/perdana-anugerah-humas-untuk-ptn-dan-kopertis/