Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi PNM

Madiun- Politeknik Negeri Madiun terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola lembaga pendidikan tinggi yang baik sebagaimana yang diamanatkan oleh pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pertama, PNM telah melakukan akreditasi bagi beberapa program studi yang dimilikinya. Sebagai informasi bahwa enam dari sembilan prodi di PNM telah memperoleh akreditasi “B” dari BAN PT. Sedangkan tiga prodi yang lainya merupakan prodi baru yang belum berkesempatan mengajukan usulan akreditasi dikarenakan tentunya prodi tersebut belum meluluskan alumni. Perlu diketahui bahwa akreditasi program studi ini sifatnya wajib dan mempunyai masa berlaku selama lima tahun dan wajib diperbaharui statusnya setelah masa berlakunya habis. Kedua, PNM juga berupaya untuk memperoleh akreditasi bagi Institusi/Lembaga/Perguruan Tinggi. Akreditasi ini merupakan penilaian secara menyeluruh tentang kondisi lembaga PNM, meskipun diketahui bahwa banyak penyelenggaran pendidikan tinggi yang belum mampu dan berani menyelengarakan akreditasi ini karena proses dan syaratnya sangat rumit dan ketat. Disisi lain, akreditasi ini sangatlah membutuhkan kemapanan sebuah institusi dalam menyelenggarakan pendidikan.

Terkait dengan akreditasi institusi, PNM baru saja mendapatkan proses Asesmen Lapangan yang dilakukan oleh para asesor yang ditugaskan oleh BAN PT pada tanggal 18 s/d 20 Februari 2019. Para asesor tersebut adalah; Drs. Eddy Edwin, S.Kom.,M.Kom., (Politeknik Negeri Jakarta), Paulus Theodorus Basuki Hadi P, Dr.,MBA,MSAcc.,Akt., (Universitas Diponegoro Semarang) dan Guntur Karnaeni, Dr.,M.Si., (STIA-Lembaga Administrasi Negara Makassar). Proses Asesmen Lapangan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut merupakan rangkaian dari proses panjang yang telah dilaksanakan sebelumnya termasuk penyusunan borang akreditasi dan pengusulanya secara online pada akhir oktober 2018 yang lalu.

Segenap keluarga besar civitas akademika PNM berharap, semoga semua tahapan dan proses akreditasi yang telah dilalui oleh segenap komponen kampus ini akan berhasil baik dengan memperoleh hasil akreditasi terbaik sebagaimana yang diharapkan oleh semua pihak. Dengan demikian diharapkan bahwa dengan akreditasi yang diperoleh akan memberikan jaminan bahwa institusi Perguruan Tinggi PNM telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, dan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat dan bangsa dalam mencetak para lulusan yang berkualitas, mengusai IPTEK, inovatif dan memiliki daya saing nasional. (PIP/HUMAS PNM 21/02/2019)