Cuplikan Sambutan Dirjen Vokasi Kemdikbud RI, Wikan Sakarinto, M,Sc., Ph.D.

Cuplikan Sambutan Dirjen Vokasi Kemdikbud RI, Wikan Sakarinto, M.Sc., Ph.D.


Madiun- Berikut cuplikan Sambutan Dirjen Vokasi Kemdikbud RI, Wikan Sakarinto, M.Sc., Ph.D. secara daring yang disampaikan pada Rapat terbuka Senat PNM dalam acara “Wisuda Ahli Madya XV Diploma III PNM Tahun Akademik 2019-2020”. Pada tahun-tahun sebelumnya wisuda semua perguruan tinggi dilaksanakan secara langsung/tatap muka, akan tetapi sehubungan adanya pandemi Covid-19, wisuda semua perguruan tinggi di Indonesia, tidak terkecuali wisuda PNM pada tahun ini dilaksanakan secara daring/online dan hanya dua belas wisudawan/wisudawati perwakilan dari enam program studi. Tentu kalian semua yang di rumah tidak pernah membayangkan jika tahun ini kalian mengikuti wisuda di depan laptop, di sebelah kiri kalian ada orang tua/saudara?


Inilah perubahan, kita semua tidak tahu apa yang akan terjadi kelak? jadi bersiaplah! Dan hanya orang-orang yang mampu untuk belajar lebih, yakni soft skill/kompetensi. Bukan ijazah yang akan membuat kalian sukses, bukan IPK yang baik, yang akan membuat kalian sukses, tetapi kompetensi. Kompetensi tersebut adalah hard skill dan soft skill, ada IPK, disisi lain ada kemampuan komunikasi, leadership, team work, critical thinking, kreatifitas, dan sebagainya, itulah kompetensi. Itu semua dibungkus dengan karakter, kejujuran, sikap. IPK itu penting juga, mungkin ada wisudawan/wisudawati yang memperoleh IPK 3.70, 3.80, 3.85, 3 koma sekian. Karena apa? Karena jika kalian mempunyai IPK yang rendah, minimal kalian tidak akan bisa mengetuk pintu pada saat kalian memasukkan berkas lamaran pekerjaan di dunia industri/dunia usaha.


Disampaikan oleh Dirjen Vokasi Kemdikbud, hasil diskusi dengan dunia industri bawhwa mereka lebih butuh team work daripada IPK. Mereka butuh lulusan yang bisa berkomunikasi dengan orang asing, daripada lulusan mempunyai IPK tinggi, tetapi tidak bisa berkomunikasi dengan orang asing, atau tidak bisa bekerjasama dalam tim. Bahkan ada dunia industri yang membutuhkan lulusan yang jujur. Jadi buatlah bangga orang tua dengan kemampuan kalian, dengan bekal kompetensi yang sudah kalian peroleh selama menempuh perkuliahan di PNM, ditambah bekal soft skill, attitude, dan kompetensi/soft skill yang lain.


Sekali lagi saya ucapkan selamat buat kalian semua yang sudah diwisuda pada hari ini, semoga sukses.


(ris_pnm)