Gema PKKMB 2016

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) 2016 bertujuan untuk memeperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Dengan ulasan kegiatan PKKMB ini, diharapkan pembaca tidak memiliki pandangan negatif mengenai kegiatan tersebut.

PKKMB dengan tajuk “Gema (Generasi Madani) PKKMB 2016”, dimaksudkan untuk membentuk karakter mahasiswa yang beradab, berbudaya, dan mampu membangun civitas akademika kampus menjadi lebih baik. Seperti tahun-tahun sebelumnya PKKMB, tahun ini masih tetap diadakan di Yonif Linud 501 Bajra Yudha Kota Madiun namun dengan rentang waktu yang lebih pendek yakni hanya tiga hari dua malam saja, lebih singkat satu hari dibanding tahun sebelumnya.

Kegiatan di Yonif 501 tidak mengandung unsur sara, akan tetapi mahasiswa diajari arti kedispilinan dan manajemen waktu. Hal yang paling mengesankan adalah ketika acara renungan malam. Malam yang penuh isak tangis dari para mahasiswa baru yang hanya ditemani dengan nyala lilin. Tidak cukup sampai disitu, keseruan berlanjut di tengah malam ketika semua mahasiswa tertidur lelap. Serangan fajar dengan letusan suara keras dari senapan laras panjang membuat ketegangan di tengah malam. Tidak sedikit mahasiswa terkejut, bahkan masih ada yang menggunakan baju tidur.

Pelaksanaan PKKMB tidak hanya di Yonif 501, tapi juga di kampus II Politeknik Negeri Madiun di Winongo selama tiga hari. Kegiatan dibuka dengan penanaman massal seribu pohon guna menghijaukan kampus II. Acara dilanjutkan dengan pengarahan mengenai bagaimana kehidupan di PNM, mulai dari arti lambang PNM sampai keorganisasiannya. Meskipun singkat tetapi diharapkan mahasiswa baru tidak mengalami kebingungan yang berlebihan. Mereka juga diberi arahan bagaimana cara bersosialisasi yang baik serta tujuan mereka mengikuti PKKMB itu, mengapa mereka perlu mengikutinya, apa yang harus mereka lakukan setelah lulus dari PNM, dan masih banyak lagi.

Pelaksanaan kegiatan berakhir di puncak malam inagurasi di Kampus I Politeknik Negeri Madiun. Semua kompi menunjukkan aksinya berupa yel-yel dan pentas seni dan akan diberikan reward bagi kompi terbaik. Reward pertama diberikan kepada Kompi 4, kedua kepada Kompi 3, dan yang ketiga diberikan kepada Kompi 1. Selamat kepada kompi yang memiliki reward dan selamat berkarya di dunia mahasiswa. Selain itu juga ada penghargaan pendamping favorit, yang diberikan kepada Agung Priyono dan Niken Kanthi Lestari. Acara ditutup dengan penampilan band lokal yang berkolaborasi dengan Direksi Politeknik Negeri Madiun. (G-PLASMA)