Pagelaran Tunggal Teater, UKM Stupa PNM

(12/5/2017) bertempat di Hall Politeknik Negeri Madiun telah berlangsung pagelaran tunggal teater "MEMAYU OPO WES PAYU" yang diselenggarakan oleh UKM STUPA Politeknik Negeri Madiun. Acara yang dihadiri oleh paguyuban teater salah satunya teater Barabima dari SMAN 1 Madiun, teater Agni dari SMAN 2 madiun, dan paguyuban teater SMA lainnya. pada pagelaran tunggal yang digelar, UKM stupa juga berkolaborasi dengan sanggar seni bising dari SMAN 1 Geger yang menjadi pemusik yang memainkan gamelan–gamelan Jawa yang menambah suasana semakin unik dan mempunyai kesan. Selain dihadiri oleh undangan, juga dihadiri oleh pembina teater yaitu bapak Drs. Yulius Harry Widodo, M.Hum, juga mahasiswa PNM dan masyarakat umum.

Alasan teater stupa mengambil cerita "MEMAYU OPO WES PAYU" adalah mencerminkan bahwa kita harus lebih arif dalam membangun kesejahteraan agar alam ini tetap terlestarikan. Pelajaran yang dapat diambil dari cerita ini adalah budaya gotong royong merupakan ciri dari bangsa Indonesia. Kerusakan-kerusakan alam yang terjadi adalah akibat dari ulah manusia sendiri. Juga mengingatkan bahwa modernisasi yang terjadi sekarang ini telah merusak alam.

Kesan dan pesan dari pemain adalah dengan adanya acara ini diharapkan seluruh anggota stupa dapat lebih akrab lagi, lebih bisa bekerja sama dan bertanggung jawab, dan berharap dengan adanya pagelaran ini kelak kedepanya anggota stupa lebih banyak lagi dan Stupa lebih sukses lagi. Walaupun acara ini terbilang singkat dalam latihan namun acara ini cukup sukses, dilihat dari antusias penonton yang juga memberikan beberapa pertanyaan saat pagelaran selesai. (G-Plasma)