Penerapan Protokol Kesehatan Saat Proses Pengambilan Ijazah

Madiun- Alhamdulillah, setelah melalui rangkaian panjang berupa persiapan yang matang diantaranya rapat-rapat bersama seluruh panitia wisuda, arahan dari Direktur, juga rapat dan kordinasi dari bagian acara, akhirnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, Rapat Terbuka Senat PNM dalam rangka “Wisuda Ahli Madya XV Diploma III Politeknik Negeri Madiun Tahun Akademik 2019-2020” yang diikuti sejumlah 472 wisudawan/wisudawati, dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses.
Acara inti berupa Wisuda Ahli Madya XV Diploma III Politeknik Negeri Madiun Tahun Akademik 2019-2020 tersebut dilaksanakan di Hall Kampus I PNM di jalan Serayu pada hari Sabtu tanggal 26 September 2020 dimulai pada pukul 07.30 WIB. Hall PNM yang pada hari efektif sebelum adanya pandemi Covid-19 biasanya dipergunakan untuk kegiatan mahasiswa, pada hari itu dihias dengan begitu indah dan mewah, yang bisa membuat mata yang memandang akan merasa teduh dan nyaman.


Sehubungan adanya pandemi Covid-19, wisuda yang biasanya dilaksanakan di luar kampus PNM yang diikuti oleh seluruh wisudawan/wisudawati, pada kali ini dilaksanakan secara luring/offline yang diikuti oleh Senat Akademik, Jajaran pimpinan, Tamu Undangan yaitu Sesepuh Pendiri Politeknik Madiun, juga dihadiri oleh Walikota Madiun Drs. Maidi,S.H.,M.M.,M.Pd., perwakilan wisudawan/wisudawati dari 6 (enam) program studi yang didampingi oleh orang tua/wali masing-masing, serta para wisudawan/wisudawati didampingi orang tua/wali/keluarga di rumah masing-masing yang mengikuti prosesi wisuda secara daring/online melalui aplikasi zoom.


Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai hari Senin tanggal 28 September 2020 dilanjutkan dengan kegiatan pengambilan ijazah dan berkas-berkas pendukung oleh wisudawan/wisudawati secara drive thru. Kegiatan ini dibagi dalam 2 sesi yaitu sesi pagi dan siang untuk masing-masing sesi satu kelas. Adapun Wisudawan/wisudawati yang diperkenankan datang langsung ke kampus I hanya yang berdomisili di kota Madiun dan eks Karesidenan Madiun. Protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah pada saat masuk area kampus I PNM, wisudawan/wisudawati harus sudah memakai toga, memakai sarung tangan dan face shield yang sebelumnya sudah dikirimkan oleh panitia ke alamat rumah masing-masing. wisudawan/wisudawati masuk melalui gerbang PNM sebelah timur untuk dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas gugus tugas Covid-19, menandatangani daftar absensi, terus melalui area penyemprotan desinfektan dan menuju depan pintu utama gedung pusat kampus-I PNM.


Setelah sampai di depan pintu masuk utama gedung pusat PNM, panitia akan menanyakan kembali identitas dan mencocokkan berkas-berkas serta menyerahkan souvenir wisuda yang akan diberikan kepada wisudawan/wisudawati. Selanjutnya wisudawan/wisudawati bisa menuju ke halaman parkir Hall PNM untuk melakukan sesi foto di booth yang sudah disediakan oleh panitia. Setelah melalui proses tersebut, wisudawan/wisudawati diarahkan oleh panitia untuk keluar area kampus-I PNM melalui gerbang belakang dan melanjutkan perjalanan pulang ke rumah masing-masing menuju ke arah jalan salak.


Panitia mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan kuliah di PNM. Teriring do’a semoga mereka semua sukses dalam meraih cita-cita masing-masing.


(ris_pnm)