Profil

Politeknik Negeri Madiun (PNM) merupakan satu-satunya politeknik negeri di wiliayah barat Jawa Timur. Kota Madiun yang terkenal memiliki makanan khas Nasi Pecel dan Brem adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 160 km sebelah Barat Kota Surabaya atau 111 km sebelah Timur Kota Surakarta. PNM memiliki dua Kampus, yakni Kampus I yang beralamat di Jalan Serayu No 84, Kel. Pandean Kota Madiun seluas 7000 m2 dengan luas gedung 4428 m2 dan Kampus II di Jalan Ring Road, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo Kota Madiun menempati lahan seluas 12.164 m2. PNM menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam beberapa bidang pengetahuan dan keahlian khusus.

Lambang PNM memiliki makna dengan dilandasi keteguhan dan keluhuran, PNM bertekad mewujudkan insan yang memiliki profesionalisme dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Proses pembelajaran pada bidang hard skill dicapai melalui penerapan konsep learning by doing yang mengkolaborasikan teori dan praktek yang disampaikan melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Program Diploma III.

Guna menjamin tercapainya tujuan pembelajaran, diterapkan ukuran kelas kecil 26 mahasiswa per kelas untuk Jurusan Teknik dan 30 mahasiswa per kelas untuk Jurusan Non Teknik. Penekanan pada bidang soft skill diarahkan untuk mencapai karakter kejujuran, kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama tim, dan kecerdasan dalam bekerja (works smart).

Karakter tersebut selalu dikembangkan, karena telah teruji berhasil mengatasi tantangan di masa lampau, handal dalam menghadapi tantangan masa kini, dan diyakini akan mampu melampaui tantangan di masa depan. Karakter kedisiplinan dibentuk melalui pendidikan dasar kedisiplinan di Lembaga Pendidikan Kemiliteran pada saat penerimaan mahasiswa baru.