Sejarah

Pada tahun 2003, Pemerintah Kota Madiun melalui Yayasan Perguruan Tinggi Pemerintah (YPTP) Kota Madiun mendirikan Politeknik di Jalan Serayu nomor 84 Kelurahan Pandean Kecamatan Taman, Kota Madiun. Politeknik Madiun didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.99/D/0/2003 tertanggal 9 Juli 2003. Mulai tahun akademik 2003/2004 Politeknik Madiun diberikan ijin untuk menyelenggarakan program studi Diploma III. Ijin yang diberikan berlaku untuk 6 (enam) program studi (prodi) yang terbagi dalam dua bidang, yaitu Bidang Tata Niaga yang terdiri dari Prodi Bahasa Inggris Bisnis, Administrasi Bisnis, dan Komputerisasi Akuntansi, serta Bidang Rekayasa yang terdiri dari Prodi Teknik Mesin Otomotif, Teknik Komputer Kontrol dan Teknik Listrik Industri.

Mulai tahun 2010, masyarakat Madiun bersama Pemerintah Kota Madiun dan DPRD Kota Madiun serta didukung oleh Gubernur Jawa Timur mengusulkan status penegerian Politeknik Madiun. 

Setelah melalui proses yang panjang yang diikuti penyerahan aset yang melekat pada Politeknik Madiun dan tanah seluas 10 ha yang terletak di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun, maka pada tanggal 29 Oktober 2012 terjadi perubahan status dari Politeknik Madiun menjadi Politeknik Negeri Madiun. Perubahan tersebut berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2012 tentang Pendirian Organisasi Dan Tata Kerja Politeknik Negeri Madiun dan diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 283/E/O/2013 tanggal 23 Juli 2013 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pada Politeknik Negeri Madiun. Dalam Peraturan Menteri tersebut dinyatakan bahwa Politeknik Negeri Madiun (PNM) memiliki 3 (tiga) Jurusan yaitu Jurusan Administrasi Bisnis, Jurusan Komputerisasi Akuntansi dan Jurusan Teknik dengan 6 (enam)Program Studi : Administrasi Bisnis, Bahasa Inggris, Komputerisasi Akuntansi, Mesin Otomotif, Teknik Komputer Kontrol, dan Teknik Listrik.

Saat ini Politeknik Negeri Madiun menempati kampus 1 (satu) yang terletak di Jalan Serayu No. 84 Madiun. Sedangkan kampus 2 (dua) direncanakan akan dibangun di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo pada areal sekitar 10 ha.