Sejarah

Pada tahun 2003, Pemerintah Kota Madiun melalui Yayasan Perguruan Tinggi Pemerintah (YPTP) Kota Madiun mendirikan Politeknik di Jalan Serayu nomor 84 Kelurahan Pandean Kecamatan Taman, Kota Madiun. Politeknik Madiun didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.99/D/0/2003 tertanggal 9 Juli 2003, dan menyelenggarakan program studi D3 (Diploma-3) pada 6 (enam) program studi (prodi) yaitu Prodi Bahasa Inggris Bisnis, Prodi Administrasi Bisnis, dan Prodi Komputerisasi Akuntansi, Prodi Mesin Otomotif, Prodi Teknik Komputer Kontrol dan Prodi Teknik Listrik Industri.

Setelah melalui proses yang panjang maka pada tanggal 29 Oktober 2012 terjadi perubahan status dari Politeknik Madiun menjadi Politeknik Negeri Madiun. Perubahan tersebut berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2012 tentang Pendirian, Organisasi, Dan Tata Kerja Politeknik Negeri Madiun. Dalam Peraturan Menteri tersebut dinyatakan bahwa Politeknik Negeri Madiun (PNM) memiliki 3 (tiga) Jurusan yaitu Jurusan Administrasi Bisnis, Jurusan Komputerisasi Akuntansi dan Jurusan Teknik dengan 3 (tiga) Program Studi: Teknik Komputer Kontrol, Mesin Otomotif dan Teknik Listrik.

Seiring dengan hal di atas upaya-upaya pengembangan dilakukan dimana dalam Rencana jangka panjangnya PNM telah mencantumkan visi mencapai daya saing nasional merupakan hal yang realistik untuk dilanjutkan sebagai bentuk kontribusi dan kinerja PNM terhadap kemajuan bangsa. Selanjutnya sebagai langkah pencapaian visi tersebut dilakukan perencanaan yang baik dimana kondisi Politeknik Negeri Madiun pada akhir tahun 2015 dianggap sebagai data awal (base-line) untuk perencanaan dan pengembangan Politeknik Negeri Madiun 5 tahun ke depan.