Visi dan Misi

Visi

Mewujudkan pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas, berbasis iptek, inovasi dan berdaya saing Nasional tahun 2020

Pendidikan tinggi berbasis iptek yang unggul lebih diartikan sebagai kemampuan lembaga dalam menghasilkan SDM (lulusan) yang benar-benar ahli dalam penerapan dan penguasaan iptek serta unggul dalam berinovasi. Inovasi akan lahir dan tercipta melalui proses pengajaran yang berkualitas yang di aktualisasikan melalui kegiatan penelitian, pengembangan teknologi dan pengabdian masyarakat sesuai dengan kompetensi di bidangnya masing-masing. Sedangkan maksud dari berdaya saing nasional yaitu kontribusi yang di berikan oleh Politeknik Negeri Madiun dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas SDM terampil dalam menyongsong era global khususnya bidang iptek. Hal ini bisa ditunjukkan dengan meningkatnya kualitas hasil pendidikan yaitu jumlah keterserapan alumni di dunia industri yang terus meningkat serta masa tunggu untuk bekerja yang relatif singkat setelah lulus. Dalam aspek inovasi, mahasiswa dan dosen terus meningkatkan inovasi teknologi terapan melalui tugas akhir dan penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat dan relevan dengan sektor industri.


Misi

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi di atas, maka misi Politeknik Negeri Madiun adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan akses dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi yang relevan, inovatif dan berkualitas tinggi.
  2. Meningkatkan kapasitas penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi iptek dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Meningkatkan penguatan kerjasama antar lembaga perguruan tinggi dan sektor industri dalam mendukung keberlanjutan pemanfaatan SDM terampil.
  4. Meningkatkan tata kelola perguruan tinggi yang good governance.

    Misi tersebut di atas akan mampu menjawab persoalan dan tantangan Politeknik Negeri Madiun sebagai PTN baru periode 2016-2020 dalam aspek Tridharma perguruan tinggi.