KMIPN V Tahun 2023 - Prodi TKK Juara 1 IoT dan Prodi TI Juara Harapan E-Government

KMIPN-1

Tim Berkah dan Tim Kagura PNM berfoto di atasa panggung usai gelaran KMIPN V.

 

PNM - Dua tim asal Politeknik Negeri Madiun (PNM) berhasil menyabet Juara 1 dan Juara Harapan pada Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) V Tahun 2023. Ajang KMIPN V tersebut diselenggarakan di Politeknik Elektronika NegeriSurabaya. Terdapat 152 tim dari 33 politeknik yang berhasil lolos hingga babak final yang berlangsung pada 31 Juli – 3 Agustus 2023.

Dua tim PNM yang berhasil membawa pulang gelar juara yakni Tim Berkah asal Program Studi Teknik Komputer Kontrol (Prodi TKK) dan Tim Kagura asal Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI). Tim Berkah meraih Juara 1 kategori Internet of Things (IoT), sedang Tim Kagura meraih Juara Harapan kategori E-Government.

KMIPN merupakan ajang bergengsi untuk institusi perguruan tinggi vokasi di bidang informatika. KMIPN V kali ini mengambil tema "Vokasi Wujudkan Kampus Prestasi Menuju Inovasi Informatika". Pemilihan tema tersebut selaras dengan program SDM unggul dari Presiden RI dan juga program Kampus Merdeka dari Mendikbudristek.

Gelaran KMIPN kelima ini menghadirkan delapan kategori perlombaan dibidang TIK. Di antaranya Hackathon, Keamanan Siber, E-Government, Perancangan Bisnis Bidang TIK, Animasi, Internet of Things (IoT), Cipta Inovasi di Bidang TIK, dan Pengembangan Aplikasi Permainan.

KMIPN-2

Tim Berkah PNM berfoto dengan pembina usai acara.

Tim Berkah yang beranggotakan mahasiswa Teknik Komputer Kontrol PNM mengikuti kategori lomba IoT dan berhasil menyabet Juara 1. IoT merupakan sebuah konsep tentang perangkat tertentu yang memiliki kemampuan mentransmisikan data tanpa ada interaksi dari manusia ke manusia atau dari manusia ke komputer. IoT sendiri memanfaatkan koneksi internet untuk menghubungkan antar perangkat dalam melakukan pertukaran data.

Sebagai tambahan informasi, prestasi Tim Berkah meraih Juara 1 IoT di KMIPN V bukanlah kemenangan pertama Prodi Teknik Komputer Kontrol pada ajang KMIPN. Sebelumnya, pada KMIPN IV tahun 2022 Tim Aren asal Prodi TKK juga berhasil menyabet Juara 1 kategori IoT. Perolehan prestasi tersebut secara tak langsung menempatkan Prodi Teknik Komputer Kontrol PNM sebagai Juara bertahan kategori IoT pada gelaran KMIPN selama dua tahun berturut-turut.

Berikut nama pembimbing dan anggota Tim Berkah asal prodi Teknik Komputer Kontrol PNM yang mendapat Juara 1 kategori Internet of Things (IoT) KMIPN V:

Pembimbing :

-       Sulfan Bagus Setyawan,S.ST.,M.T.

Anggota:

-       Ridho Esa Prayoga

-       Alvindra Putra Ardhana

-       Desna Fitria Devi

KMIPN-3

Tim Kagura berfoto bersama pembina usai acara.

Sedangkan Tim Kagura yang beranggotakan mahasiswa Prodi Teknologi Informasi mengikuti kategori E-Government dan meraih Juara Harapan. E-Government merupakan lomba aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat, bisnis, pegawai, atau pemerintah lainnya, atau sebaliknya masyarakat atau bisnis dapat berinteraksi, atau memberikan informasi kepada pemerintah. Aplikasi E-Government sendiri dapat diimplementasikan dalam bentuk web-based, mobile-based atau kombinasi keduanya.

Berikut daftar nama pembimbing dan anggota Tim Kagura asal Prodi Teknologi Informasi PNM yang mendapat Juara Harapan kategori E-Government KMIPN V:

Pembimbing:

-       MH.Ramdhani Ismar, S.ST.,M.T.

Anggota:

-       Lintang Diah Puspaningrum

-       Arfian Dwiki Rosyadi

-       Masdika Ilhan Mansiz

*(Tim Humas/PIP PNM)