Direktur Baru, Harapan Baru Untuk PNM Yang Lebih Baik

Madiun- Setelah melalui rangkaian tahapan yang cukup panjang akhirnya dalam Sidang Tertutup Senat Politeknik Negeri Madiun berhasil memilih Muhamad Fajar Subkhan, S.T., M.T. sebagai Direktur baru untuk periode 2021-2025. Mengacu pada jadwal dan tahapan pemilihan Direktur yang telah ditetapkan oleh Senat PNM, maka rangkaian kegiatan ini telah berlangsung selama kurang lebih enam bulan. Tahapan kegiatan dimulai dengan kegiatan Publikasi pada bulan Desember 2020 hingga Pengangkatan Direktur Baru yang dijadwalkan pada bulan Mei 2021. Secara runtut tahapan kegiatan pemilihan Direktur PNM adalah sebagai berikut:

  1. Publikasi
  2. Pendaftaran
  3. Perpanjangan Pendaftaran
  4. Seleksi Administrasi dan Verifikasi (Penjaringan)
  5. Pengumuman Nama Bakal Calon Direktur
  6. Pemaparan Visi-Misi dan Pogram Kerja para Bakala Calon Direktur
  7. Penyaringan Calon Direktur dalam Sidang Senat
  8. Pengumuman Calon Direktur
  9. Pemilihan Direktur oleh Senat dan Menteri
  10. Pengangkatan Direktur Baru

Secara umum bisa dikatakan bahwa rangkaian tahapan pemilihan Direktur berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun dalam beberapa hal dan kesempatan tidak bisa dipungkiri bahwa situasi dan kondisi pandemi menuntut semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini  untuk bisa beradaptasi dan mematuhi serta melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat.

Sebagai indikator kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini salah satunya adalah terlaksanaya setiap tahapan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dalam hal ini peran Panitia Pemilihan Direktur tentu sangat signifikan dalam mengawal dan memastikan setiap tahapan kegiatan dapat berjalan baik sesuai yang rencana. Sebagai informasi terkait komposisi Kepanitiaan yang diketuai oleh Nur Asyik Hidayatullah, S.T., M.Eng. ini hanya terdiri dari tujuh orang saja yang berbagi peran dan tugas  dalam beberapa posisi sebagai berikut:

  1. Ketua
  2. Wakil Ketua
  3. Sekretaris
  4. Bidang Publikasi
  5. Bidang Penjaringan dan Penyaringan
  6. Bidang Perlengkapan dan Keamanan
  7. Bidang Arsip dan Dokumentasi

Sungguh sebuah Tim kecil yang solid dan tangkas dalam melaksanakan tugas Kepanitiaan yang diemban dengan penuh dedikasi dan hasil kerja yang patut diapresiasi. Demikianlah, dengan terlaksananya proses pemilihan Direktur yang Demokratis, bersih, transparan, dan akuntable diharapkan dapat melahirkan Direktur Baru terpilih yang  mumpuni dan diharapkan mampu mengemban amanat untuk mewujudkan PNM lebih baik di masa berikutnya.

Dalam proses pemilihan Direktur yang berlangsung pada pada hari Rabu, 5 Mei 2021  di Kampus 2 PNM telah hadir Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan ucapan selamat kepada  keluarga besar PNM yang telah berhasil memilih Direktur baru periode 2021-2025. Selanjutnya beliau berpesan kepada Direktur terpilih untuk bersiap mengemban tugas berat sebagai pimpinan PNM. Dirjen Diksi menegaskan bahwa ciri-ciri seorang pemimpin yang berhasil adalah ia mampu menyiapkan pemimpin periode selanjutnya sebagai penerus estafet kepemimpinan yang lebih hebat, lebih kreatif, inovatif dan lebih gila dalam makna positif.  Masih dalam sambutan singkatnya, beliau menambahkan tabiat para pemimpin bahwa waktu yang dimiliki habis untuk bekerja dan bekerja. “Bahkan tidurnya seorang pemimpin itu juga termasuk bekerja, sehingga ketika bangun dari tidurnya ia langsung melaksanakan dan merealisasikan mimpinya”, tegas Wikan.

Selanjutnya, Direktur terpilih periode 2021-2025 Muhamad Fajar Subkhan, S.T, M.T. merupakan Direktur incumbent yang telah menjabat pada periode pertama sejak 2017 silam.  Dengan terpilihnya kembali beliau sebagai Direktur PNM yang baru, hal ini secara implisit menunjukkan bahwa secara jelas bahwa Sivitas Akademika PNM cukup puas dengan kinerja dan prestasi-prestasi yang telah beliau torehkan dalam rangka memajukan PNM.  Mustahil beliau dipercaya oleh keluarga besar PNM melalui para wakilnya di Senat untuk mengemban amanat sebagai Direktur untuk kali kedua apabila dinilai kepemimpinanya pada periode pertama kurang cakap atau mumpuni.

Dalam statemen singkat Direktur terpilih menjawab beberapa ucapan selamat yang mengalir kepadanya dari para Dosen dan Karyawan seraya menyampaikan. “Bismillahirrohmanirrohim. Dengan memohon ridhlo dan bimbingan Allah SWT semoga saya bisa mengemban amanah berat ini dengan baik. Terimakasih dukungan Bapak dan Ibu keluarga besar PNM semua. Mari bersama-sama kita lanjutkan perjuangan membangun PNM dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan”.

(PIP/Humas/5.5.2021)