PMB Jalur SBMPN PNM Tahun Akademik 2021-2022

Madiun- Hasil riset yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudrisek) dengan menggandeng lembaga MarkPlus pada bulan Maret 2021 menunjukkan bahwa Pendidikan Vokasi semakin diminati oleh para calon Siswa dan Mahasiswa.

Demikian pula halnya dengan Politeknik Negeri Madiun sebagai salah satu Pendidikan Tinggi Vokasi Negeri (PTVN) juga memiliki jumlah peminat yang luar biasa. Berdasarkan hasil rekap SBMPN 2020 tercatat dari kategori jumlah mendaftar di PNM menempati peringkat 13 dari sejumlah total 43 Politeknik Negeri se-Indonesia. Hal ini menjukkan betapa sebagai sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang relatif muda usia (*berusia se-windu), PNM sangat diminati oleh para calon Mahasiswa se-tanah air.

Pada seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini PNM menyiapkan beberapa jalur seleksi diantaranya: SNMPTN, SNMPN, SBMPTN, SBMPN dan Mandiri. Untuk dua jalur yang pertama sudah dilaksanakan dengan melakukan pendaftaran, verifikasi dan penilaian berdasarkan nilai raport/portofolio. Sedangkan untuk saat ini sedang berlangsung proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN).

Direktur PNM, Muh. Fajar Subkhan, S.T., M.T., menyampaikan berdasarkan kesepakatan rapat Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) yang dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2021 telah disepakati pelaksanaan seleksi masuk diserahkan kepada masing-masing Politeknik, baik melalui Computer Based Test(CBT)/UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) atau Portofolio. Selanjutnya untuk PNM seleksi masuk akan dilaksanakan dengan menggunakan kombinasi antara verifikasi dokumen (Portofolio) dan Computer Based Test(CBT)/UTBK. Proses seleksi ini tentunya bisa dimaklumi bersama bahwa sesuai dengan situasi dan kondisi negara kita saat ini yang belum usai dan terbebas dari pandemi Covid-19, maka pelaksanaan seleksi secara Offline/Luring tentu belum bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam seleksi SBMPN tahun ini yang akan dilaksanakan secara daring memungkinkan bagi para calon mahasiwa untuk melaksanakan Tes dari rumah masing-masing (*tentunya dengan mengikuti arahan dan panduan Tatib pelaksanaan Tes dari Panitia SBMPN).

Khusus untuk informasi terkait penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPN, berikut kami sampaikan beberapa informasi penting. Pertama, perlu diperhatikan khususnya bagi para calon mahasiswa baru terkait beberapa tanggal penting yang dimulai dari periode Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Madiun dibuka 10 Mei sampai dengan 10 Juni 2021. Selanjutnya pelaksanaan Try Out CBTakan dilaksanakan pada 12 Juni 2021 dan pelaksanaan Tes CBT pada 15 Juni 2021. Sedangkan Pengumuman hasil tes akan diumumkan secara daring melalui laman http://pmb.pnm.ac.id/pengumuman pada 19 Juni 2021.

Selanjutnya, Program Studi yang dimiliki PNM dan menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPN berjumlah Delapan Program Studi - Diploma Tiga sebagai berikut: Prodi. Administrasi Bisnis, Prodi. Bahasa Inggris, Prodi. Komputerisasi Akuntansi, Prodi. Akuntansi, Prodi. Mesin Otomotif, Prodi. Teknik Komputer Kontrol, Prodi. Teknik Listrik, Prodi. Teknologi Informasi.

Sebagai informasi penutup menurut Ketua Panitia SBMPN, R. Gaguk Pratama Yudha, S.ST, M.T., segala informasi, persyaratan dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN 2021 dapat dilihat melalui layanan website : http://pmb.pnm.ac.id. (PIP/HUMAS-PNM/24.5.2021)

(ris@pnm)