Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PNM Jalur SNMPN Tahun 2020

Madiun- Alhamdulillah... pada hari ini Senin tanggal 20 Januari 2020 bertempat di Auditorium gedung Budi Thahjono lantai 3 kampus-1 Politeknik Negeri Madiun, sukses dilaksanakan acara sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PNM melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) yang dilaksanakan pada mulai pukul 09.30 sampai menjelang berkumandangnya adzan dhuhur. 

Sosialisasi ini sebagai tindak lanjut mengenai informasi kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PNM melalui jalur SNMPN yang sudah di-upload di laman/web PNM beberapahari yang lalu. Pada kesempatan ini panitia PMB-PNM mengadakan acara sosialisasi SNMPN dengan mengundang tidak hanya SMA/SMK/MA negeri maupun swasta yang berasal dari area kerja BAKORWIL Madiun, akan tetapi juga datang memenuhi undangan PNM perwakilan SMA/SMK/MA negeri maupun swasta dari wilayah Kabupaten Kediri.
Acara diawali dengan pembukaan serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka dengan do’a. Acara selanjutnya berupa narasi profile PNM yang disampaikan oleh Bapak Alief Sutantohadi, S.S., M.Hum. selaku Penyusun Informasi & Publikasi yang berada di bawah kordinasi kerja bagian HUMAS, disambung dengan pemutaran video profile PNM.
Menginjak acara inti yaitu penyampaian informasi mengenai kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PNM melalui jalur SNMPN oleh Bpk. Fredy Susanto, S.Pd., M.Pd. selaku panitia PMB-PNM, yang diselingi dengan sesi tanya jawab dari para undangan yang ingin mengetahui lebih jelas informasi seputar SNMPN. Banyak diantara para undangan yang belum mengenal apa itu SNMPN, karena selama ini yang lebih sering didengar adalah jalur SNMPTN untuk jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adapun SNMPN sendiri merupakan pengganti dari jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur Minat dan Bakat (PMDK) di Politeknik Negeri.
Pada saat sesi tanya jawab, undangan ada yang menanyakan seputar persyaratan pendaftaran, ada yang menanyakan mengenai daftar black list jika ada siswa yang diterima di PNM, tetapi siswa tersebut tidak melanjutkan studi di PNM. Ada juga undangan yang menanyakan mengapa siswa dari sekolahnya tidak ada satupun yang diterima di PNM? padahal setiap tahun beberapa siswa sekolahnya mendaftar di PNM, dan masih banyak pertanyaan yang antusias disampaikan para undangan.
Adapun sesi kedua dilanjutkan dengan penjelasan mengenai program Bidik Misi yang disampaikan oleh Bapak Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M. selaku Wakil Direktur III yang membidangi Kemahasiswaan, sekaligus selaku penanggungjawab program Bidik Misi PNM. Pada kesempatan tersebut, disampaikan bahwa program Bidik Misi merupakan program Pemerintah yang diperuntukkan untuk siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA negeri maupun swasta yang mempunyai nilai lebih dalam bidang akademik, akan tetapi orang tua tidak mempunyai kemampuan pada segi ekonomi. Dari ratusan siswa/siswi yang mendaftar jalur Bidik Misi PNM, harus lolos seleksi sesuai dengan persyaratan dan menyesuaikan dengan kuota Bidik Misi yang diperoleh PNM. Seleksi tersebut dilakukan melalui survei oleh tim Bidik Misi menuju lokasi/rumah masing-masing pendaftar. Pada kesempatan tersebut, Bapak Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M. menyampaikan salam Bapak Direktur PNM kepada para undangan karena tidak bisa hadir pada acara sosialisasi ini dan sedang ada tugas ke Kantor KEMENDIKBUD Jakarta bersama dengan Direktur Teknologi dan Komersial PT. INKA dalam rangka diskusi bersama Sekjen Kemendikbud dan Dirjen Vokasi Kemendikbud, yang membicarakan mengenai perkembangan PRODI D4 perkeretaapian dan rencana tindak lanjut pengembangannya.
Semoga sosialisasi SNMPN semakin memperluas pemahaman para undangan dan dapat disebarluaskan kepada siswa-siswi di sekolah masing-masing, dengan harapan banyak siswa-siswi dari sekolah tersebut yang berminat untuk mendaftar di PNM melalui jalur SNMPN. (ris_pnm)