Tim Cakra Jagad Gasoline PNM Meraih Juara lll dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Nasional Tahun 2020

Madiun- Alhamdulillah.. Selamat dan sukses untuk Tim Cakra Jagad Gasoline PNM yang telah meraih kemenangan yakni menempati Juara lll Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2020 dalam Kriteria-2 (Perancangan Body dan Sasis) Kategori Prototype. Selamat untuk Tim Pembina dan seluruh anggota tim yang telah bekerja keras mempersiapkan dalam ajang kontes tersebut, mulai dari perencanaan, pengembangan, pembuatan mobil, evaluasi, sampai pelaksanaan lomba. 

Tim Cakra Jagad Gasoline PNM mempersiapkan diri dibawah arahan Dosen-dosen Prodi Mesin Otomotif PNM, diantaranya adalah Bapak Nanang Romandoni, S.Pd., M.T. dan Bapak Agus Choirul Arifin, S.Si., M.T., sebagai Dosen Pembimbing dan beranggotakan 7 orang mahasiswa program studi (Prodi) Mesin Otomotif yaitu Muhammad Bustanul Faizin Ariadi (NIM 183303047), Gatot Tri Anggi M. (NIM.183303054), Yusuf Yosse S. (NIM.193303003), Joko Wardoyo (NIM.193303023), Elga Adi S. (NIM.193303005), Muhammad Choirul S. (NIM.193303010) dan Endra Putra P. (NIM.193303026).

Ajang kontes dilaksanakan secara daring dengan jadwal yang sudah dibagi dalam beberapa hari mulai hari Kamis tanggal 26 sampai hari Sabtu tanggal 28 November 2020 yang diikuti oleh beberapa tim dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan kriteria ketat yang sudah ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud RI dan Universitas Indonesia sebagai panitia pelaksana. Untuk Tim Cakra Jagad Gasoline PNM dijadwalkan presentasi pada hari Kamis tanggal 26 November 2020 mulai pukul 15.30 sampai selesai. Hal tersebut tidaklah mudah, karena sebelum masuk pada tahap ini, semua calon peserta harus melalui seleksi tahap l yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendukbud RI.

Panduan presentasi yang sudah ditetapkan Panitia yang pada tahun ini dikordinir oleh UI antara lain: Evaluasi dan analisis capaian sebelumnya, detil target yang ingin dicapai dilengkapi dengan alasannya, metode yang digunakan untuk mencapai target tersebut (disertai penjelasan dasar teori normatif yang digunakan dalam perancangan), serta hasil pencapaian target dan pembahasannya.

Kemenangan Tim Cakra Jagad Gasoline PNM sebagai Juara lll dengan nama kendaraan Willis Evo 5 kelas bahan bakar Mesin Pembakaran Dalam Bensin, ditetapkan dengan Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bernomor 2836/J3/KM/2020 mengenai Pemenang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2020 pada Kriteria-2 (Perancangan Body dan Sasis) Kategori Prototype yang bersanding dengan tim-tim besar dari perguruan tinggi yang lain. Sebagai bentuk apresiasi, pemenang kontes pada semua kategori akan mendapatkan, sertifikat, merchandise dan uang pembinaan.

Sekali lagi selamat atas kemenangan yang telah diraih. Semoga PNM semakin jaya dengan kemenangan-kemenangan dalam ajang kontes/lomba yang lain. 

(ris@pnm)