Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Visi

Menjadikan perpustakaan PNM sebagai unit layanan bahan pustaka dan informasi yang unggul dan berdaya saing nasional

Misi
  1. Menyediakan bahan pustaka yang lengkap sebagai sarana mendukung tujuan politeknik negeri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam mengakses bahan pustaka.
  3. Memberikan pelayanan prima kepada semua anggota.
  4. Menyediakan informasi dan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi, ekonomi, sosial, agama, budaya dan seni.
  5. Meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan.
  6. Meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan.
Tujuan
  1. Dalam menunjang pendidikan dan pengajaran maka perpustakaan Politeknik Negeri Madiun bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyajikan dan menyebarluaskan informasi untuk mahasiswa dan dosen sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  2. Dalam menunjang penelitian maka kegiatan perpustakaan politeknik Negeri Madiun adalah mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyajikan dan menyebarluaskan informasi bagi peneliti baik intern institusi atau ekstern di luar institusi.
  3. Dalam menunjang pengabdian kepada masyarakat maka perpustakaan Politeknik Negeri Madiun melakukan kegiatan dengan mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyajikan dan menyebarluaskan informasi bagi masyarakat.
Tugas
  1. Menyusun kebijakan dan melakukan tugas rutin untuk mengadakan, mengolah dan merawat pustaka serta mendayagunakan untuk kepentingan civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  2. Menyediakan ruang baca dan belajar yang aman dan nyaman untuk seluruh pengguna perpustakaan.
  3. Menyediakan proses layanan yang prima dalam mengakses bahan pustaka.
Fungsi
  1. Fungsi edukasi perpustakaan merupakan sumber belajar para sivitas akademika, oleh karena itu koleksi yang disediakan adalah koleksi yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, pengorganisasian bahan pembelajaran setiap program studi, koleksi tentang strategi belajar mengajar dan materi pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
  2. Fungsi informasi perpustakaan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh pencari dan pengguna informasi.
  3. Fungsi riset perpustakaan mempersembahkan bahan-bahan primer dan sekunder yang paling mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Koleksi pendukung penelitian di perpustakaan perguruan tinggi adalah menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat di aplikasikan untuk kepentingan pembangunan masyarakat dalam berbagai bidang.
  4. Fungsi rekreasi, perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreativitas, minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan.
  5. Fungsi publikasi perpustakaan selayaknya juga membantu melakukan publikasi karya yang dihasilkan oleh warga erguruan tingginya yakni sivitas akademika dan staf non-akademik.
  6. Fungsi deposit perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh warga perguruan tingginya.
  7. Fungsi interpretasi perpustakaan sudah seharusnya melakukan kajian dan memberikan nilai tambah terhadap sumber-sumber informasi yang dimilikinya untuk membantu pengguna dalam melakukan dharmanya
Website
https://opac.lib.pnm.ac.id