Berlaga di Ajang Robotik Internasional Tim Prodi Teknik Komputer Kontrol PNM Borong 3 Juara IMRO 2023

IMRO1-ok Tim Prodi Teknik Komputer Kontrol berfoto usai mengantongi gelar Juara di IMRO 2023. Foto: Dok. Pribadi Peserta

 

PNM – Tiga tim asal Program Studi (Prodi) Teknik Komputer Kontrol (TKK) Politeknik Negeri Madiun (PNM) berhasil membawa pulang tiga medali dalam ajang International Modern Robotic Olympiad (IMRO) 2023. Ketiganya yakni Tim AI-SBI yang meraih Juara 3 Kategori IoT, Tim ROMATRO Juara 2 Kategori Robot Transporter, dan Tim MATERO Juara 3 Kategori Robot Transporter.

IMRO tahun ini digelar oleh STKIP Modern dan Pemerintah Kabupaten Ngawi pada 14-16 Oktober 2023. Bertema “Modern Living with Modern Thinking”, IMRO 2023 memiliki Close Category dan Open Category. Close Category diikuti oleh tingkat SD, SMP, dan SMA. Sedang Open Category diikuti oleh mahasiswa atau umum.

Pada Open Category terdiri dari beberapa kategori perlombaan, yakni Robot Transporter, Line Followers Microcontroller, Sumo Remote Control 1 Kg, Sumo Remote Control 3 Kg, Sumo Remote Autonomous 1 Kg, Sumo Remote Autonomous 3 Kg, dan Internet of Things (IoT). Tiga tim asal Prodi TKK sendiri berlaga dalam dua kategori, yakni Transporter dan IoT.

Kategori IoT bertujuan untuk memberikan wadah bagi inovasi terbaik dari mahasiswa/umum di seluruh Indonesia dalam mengembangkan teknologi berbasis Internet of Things di tanah air. Selain itu juga untuk memperkenalkan konsep serta produk-produk IoT kepada masyarakat luas agar dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan di masa mendatang. Sedang kategori Robot Transporter (Wireless/Non-Cable/IoT/Stik-PS/Remote RC/Bluetooth) merupakan robot yang dirancang untuk mengangkut barang dari zona satu ke zona lainnya dengan menggunakan remot control (secara wireless).

Berikut adalah nama Tim Prodi TKK PNM beserta pembina dan anggota yang berhasil menorehkan prestasi di ajang robotik tingkat internasional, IMRO 2023:

 

IMRO4

Tim AI-SBI berfoto usai meraih Juara 3 Kategori IoT di IMRO 2023. Foto: Dok. Pribadi Peserta

 

-  Tim AI-SBI (Juara 3 Kategori IoT)

Pembimbing: Sulfan Bagus Setyawan, S.ST., M.T.

Anggota:

1. Ridho Esa Prayoga

2. Farich Aswa Huda

3. Nabilah Lathifah

 

IMRO2Tim ROMATRO berfoto usai meraih Juara 2 Kategori Robot Transporter di IMRO 2023. Foto: Dok. Pribadi Peserta 

 

-  Tim ROMATRO (Juara 2 Kategori Robot Transporter)

Pembimbing: Rendi Pambudi Wicaksono, S.ST., M.Tr.T.

Anggota:

1. Alvian Hisyam Arifudin

2. Ahmad Saifuddin Shafar Ryanto

3. Hikmal Dwi Saputra

 

IMRO3

Tim MATERO berfoto usai meraih Juara 3 Kategori Robot Transporter di IMRO 2023. Foto: Dok. Pribadi Peserta

 

-  Tim MATERO (Juara 3 Kategori Robot Transporter)

Pembimbing: Rendi Pambudi Wicaksono, S.ST., M.Tr.T.

Anggota:

1. Andreyan Fahrul Yudha

2. Danang Fajar Parikesit

3. Arfian Iqbal Fatkhul Huda

*(Tim Humas/PIP PNM)