Cakra Jagad Team PNM Jadi Finalis KMHE 2022 Capai Best Result Tertinggi Sejak KMHE 2017

3 up

Madiun – Cakra Jagad Team Politeknik Negeri Madiun (PNM) mengantongi hasil akhir sebagai finalis Kategori Prototype dengan mesin penggerak MPD (Mesin Pembakaran Dalam) Etanol dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022 pada Kamis (3/11). Meski tak membawa pulang piala, Cakra Jagad Team Politeknik Negeri Madiun (PNM) berhasil mencetak best result km/liter yang mengalami peningkatan dari KMHE 2021.

Kenaikan best result tersebut yaitu dari 248,75 km/liter pada KMHE 2021 menjadi 372,32 km/liter pada KMHE 2022. Hasil tersebut juga merupakan capaian tertinggi Cakra Jagad Team PNM sejak mulai mengikuti KMHE pada tahun 2017 silam. Peningkatan best result tersebut menggunakan mobil yang sama namun didukung optimasi dan inovasi terbaru oleh Cakra Jagad Team PNM.

Sebelum bertanding pada KMHE 2022, Cakra Jagad Team Politeknik Negeri Madiun (PNM) telah terlebih dahulu meluncurkan Prototype Mesin Pembakaran Dalam Etanol pada Rabu (26/10). Kegiatan peluncuran tersebut sekaligus merupakan pelepasan Cakra Jagad Team untuk bertanding pada KMHE 2022.

Bertempat di Ruang Rapat Gedung C Kampus 2 PNM, kegiatan peluncuran tersebut dihadiri oleh Wakil Direktur 3 Politeknik Negeri Madiun Fredy Susanto, S.Pd., M.Pd, Kepala Jurusan Teknik Achmad Aminudin, S.Pd., M.T., Koordinator Program Studi Teknologi Rekayasa Otomotif Farid Majedi, S.T., M.T., Dosen Pembimbing Nanang Romandoni, S.Pd., M.T., serta beberapa pihak sponsor yang dapat hadir di antaranya dari PT. Gunung Mas, BRI, dan KSPPS Tegal Ijo Mandiri. Agenda dalam acara peluncuran tersebut yaitu presentasi spesifikasi kendaraan dan tes mobil di halaman Kampus 2 PNM.

Cakra Jagad Team sendiri merupakan salah satu tim riset PNM yang mengembangkan mobil hemat energi. Tim tersebut terdiri dari mahasiswa Program Studi Teknologi Rekayasa Otomotif semester 3 dan 5 yang dibimbing oleh dosen pembimbing Nanang Romandoni, S.Pd., M.T.

Berikut daftar nama anggota Cakra Jagad Team PNM yang terdiri dari tim inti serta tim support dan pers dalam perlombaan KMHE 2022:
1. Audi Ananda (Tim Inti)
2. Aditya Muhammad Saputra (Tim Inti)
3. Muhamad Imam Bastowi (Tim Inti)
4. Rahmat Alfiansyah (Tim Inti)
5. Titania Nur Cahyani (Tim Support dan Pers)
6. Nana Ainiya Khalidah (Tim Support dan Pers)
7. Arminto Ghana Purbaya (Tim Inti)
8. Muhammad Ridho (Tim Support dan Pers)
9. Irfan Winanda Putra (Tim Support dan Pers)
10. Moch. Rizki Prayogo (Tim Support dan Pers)
11. Arga Dwi Prastya (Tim Inti)
12. Khazinul Asror (Tim Inti)

Kendaraan hemat energi yang dirancang oleh Cakra Jagad Team PNM berjenis Prototype roda tiga berbahan bakar Ethanol 95% yang berkonsep futuristik dan memaksimalkan efisiensi. Kendaraan tersebut dibuat mulai bulan Juli-Oktober 2022 di Laboratorium Teknologi Rekayasa Otomotif PNM.

Pada gelaran KMHE 2022, Cakra Jagad Team mengikuti perlombaan Kategori Prototype dengan mesin penggerak MPD (Mesin Pembakaran Dalam) Etanol dan menjadi empat besar finalis dalam kategori tersebut. Termasuk Cakra Jagad Team, total 40 tim yang berasal dari berbagai kelas kategori lolos ke babak final. Para finalis kemudian bertanding dalam babak final secara luring di Sirkuit Utama Gelora Bung Tomo Surabaya pada 30 Oktober – 4 November 2022 kemarin.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) sendiri merupakan lomba mobil irit tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia dan bekerja sama dengan tuan rumah perguruan tinggi.

Selain Prototype, KMHE 2022 juga melombakan kategori Urban Concept. Kategori Prototype merupakan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi. Sedangkan Kategori Urban Concept merupakan kendaraan roda empat yang tampilannya mirip mobil pada umumnya dan sesuai untuk berkendaraan di jalanan. Kedua kategori tersebut terdiri dari empat kelas mesin penggerak, yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol, dan Motor Listrik.

Cakra Jagad Team PNM telah bertanding dalam KMHE sejak tahun 2017 dan beberapa kali berhasil mendapat gelar juara. Semoga Cakra Jagad Team PNM mampu meraih hasil terbaik dalam gelaran KMHE selanjutnya. *(Tim Humas/PIP PNM)