Diikuti 426 Peserta Bebras Biro PNM Serahkan Hadiah Bebras Challenge kepada 10 Siswa di 6 Sekolah

Bebras Biro

Madiun – Bebras Biro Politeknik Negeri Madiun (PNM) menyerahkan hadiah Bebras Challenge 2021 kepada 10 peserta yang tersebar di enam sekolah pada tanggal 19-20 Juli 2022. Hadiah tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada peserta peraih skor tertinggi Bebras Challenge yang telah digelar secara daring pada 8-13 November 2021 lalu.

Bebras sendiri merupakan bahasa Lithuania dari berang-berang. Kompetisi Bebras didirikan di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius pada tahun 2004. Bebras dipilih sebagai simbol tantangan (challenge) karena hewan berang-berang berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari-hari. Penyebutan Bebras dipakai guna menunjukkan kerja keras dan kecerdasan yang diperlukan dalam kehidupan.

Tahun 2021 menjadi kali ketiga Bebras Biro PNM menyelenggarakan Bebras Challenge dengan jumlah 426 peserta dari berbagai sekolah. Bebras Challenge atau Tantangan Bebras merupakan bagian kegiatan dari Bebras Indonesia. Sedang Bebras Biro PNM merupakan salah satu dari 87 Bebras Biro di Indonesia.

Bebras Indonesia adalah inisiatif internasional yang bertujuan untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika) di kalangan guru dan murid mulai tingkat SD, serta untuk masyarakat luas. Sedangkan Bebras Challenge bertujuan agar siswa dapat belajar Computational Thinking selama maupun setelah lomba.

Bebras Challenge terdiri dari empat kategori, yaitu SiKecil (SD/MI kelas 1-3), Siaga (SD/MI kelas 4-6), Penggalang (SMP/MTs), dan Penegak (SMA/SMK/MA/MAK). Berikut jumlah peserta dan daftar sekolah peraih skor tertinggi Bebras Challenge 2021 oleh Bebras Biro PNM:
-SiKecil (112 peserta): MIN 2 Kediri (Pemenang ke-1, 2, 3)
-Siaga (226 peserta): MIN 3 Kediri (Pemenang ke-1), MIN 1 Kota Kediri (Pemenang ke-2 dan 3)
-Penggalang (31 peserta): SMPN 1 Barat Magetan (Pemenang ke-1 dan 2), SMPN 1 Magetan (Pemenang ke-3)
-Penegak (57 peserta): MAN 1 Magetan (Pemenang ke-1)

Sebagai tambahan informasi, selain Bebras Challenge, Bebras Indonesia juga memiliki Gerakan Pandai (Pengajar Era Digital Indonesia). Kegiatan yang didukung oleh Google.org tersebut bertujuan untuk menebarkan dan mengajarkan penguasaan Computational Thinking kepada 2 juta siswa melalui 22.000 guru berbagai mata pelajaran di 22 daerah di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bebras Biro PNM juga mengadakan pelatihan Computational Thinking secara daring kepada 362 guru pada Oktober 2021 dan total 358 guru yang terbagi dalam dua kelompok di bulan Maret 2022. Peserta pelatihan tersebut adalah guru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. *(Tim Humas/PIP PNM)