Edukasi Mahasiswa Terkait Pentingnya Investasi - Kelompok Studi Pasar Modal PNM Gelar Seminar Edukasi Pasar Modal

Seminar pasar modal-4

Adrian Fajar Eka Putra selaku narasumber asal Phintraco Sekuritas saat memaparkan materi seminar.

PNM – Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Politeknik Negeri Madiun (PNM) menggelar Seminar Edukasi Pasar Modal bertajuk "Smart Investment For Millennial Student" pada Selasa-Rabu, 12-13 September 2023. Bertempat di Auditorium Gedung Budi Tjahjono Kampus 1 PNM, kegiatan tahunan tersebut diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa semester 3 Jurusan Akuntansi PNM. Peserta mahasiswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yakni peserta pada hari pertama dan hari kedua.

Tahun ini merupakan kali pertama gelaran luring Seminar Edukasi Pasar Modal setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring. Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia PNM Ulfa Rahmawati, S.E., M.Sc. menjelaskan bahwa seminar tersebut merupakan bentuk kerja sama antara PT. Bursa Efek Indonesia dan Phintraco Sekuritas. “Karena Politeknik Negeri Madiun punya MoU dengan Bursa Efek Indonesia dan Phintraco Sekuritas,” jelas Ulfa.

Lebih lanjut, seminar Edukasi Pasar Modal itu sendiri bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa terkait dengan pentingnya investasi. Di samping itu juga untuk mengawali atau sebagai pengantar mahasiswa sebelum mengikuti mata kuliah Pasar Modal pada semester 3 dan juga Praktik Pasar Modal pada semester 4.

Seminar pasar modal-6

Kajur Akuntansi, Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia PNM dan pemateri saat seminar.

“Jadi sebelum mereka menjalani mata kuliah Pasar Modal dan Praktik Pasar Modal ada Seminar Pasar Modal. Sehingga mereka ada gambaran selama satu semester itu bakal ngapain, semester depan ngapain.” Tutur dosen Prodi Akuntansi sekaligus Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia PNM ini.

Pemateri dalam seminar tersebut yakni Dyan Fajar Mahardika selaku Executive Trainer PT. Bursa Efek Indonesia dan Adrian Fajar Eka Putra selaku Trainer Phintraco Sekuritas. Materi pertama pada seminar yakni terkait strategi investasi untuk generasi milenial, sedang materi kedua tentang cara menganalisis saham.

Terkait materi strategi investasi untuk generasi milenial yang dibawakan oleh pemateri dari PT. Bursa Efek, Ulfa menerangkan bahwa saat ini banyak generasi milenial yang melakukan investasi berlatar belakang FOMO (Fear Of Missing Out). Untuk itu ia berharap generasi milenial tidak FOMO namun dapat lebih bijak dalam berinvestasi.

Seminar pasar modal-1

Dyan Fajar Mahardika selaku narasumber asal PT. Bursa Efek Indonesia saat memaparkan materi.

“Jadi mereka itu kalau investasi juga harus ada tujuannya apa, kondisi mereka seperti apa. Biar nanti ketika menentukan itu (red:investasi) mereka lebih bijak gitu.” Jelasnya.

Selanjutnya, materi kedua yang dibawakan oleh Phintraco Sekuritasberhubungan dengan cara menganalisis saham. “Kemudian yang kedua itu mengenalkan bagaimana cara menganalisis saham, ketika mereka berinvestasi itu gimana caranya. Itu ada analisis fundamental sama analisis teknikal.” Terang Ulfa menjelaskan.

Selain menerima materi teori, peserta juga melakukan praktik membuka rekening saham pada sesi kedua seminar. Ulfa menuturkan praktik tersebut akan berguna saat semester 4 atau selanjutnya sebab nantinya akan ada mata kuliah praktik.

Menurut Ulfa, materi yang disampaikan oleh PT. Bursa Efek dan Phintraco Sekuritas tersebut sangat berarti. Sebab tidak hanya terkait bagaimana cara menganalisis saham tapi juga memberi pemahaman kepada peserta tentang berbagai macam hal ilegal di pasar modal.

Seminar pasar modal-8

Tim PNM bersama narasumber dan peserta berfoto bersama saat materi hari pertama.

Ulfa pun berharap agar mahasiswa maupun sivitas akademika Politeknik Negeri Madiun lebih aware dengan investasi jangka panjang. Sehingga nantinya bisa mengelola keuangan dengan lebih bijak.

“Setiap bulan itu setidaknya ada 20% untuk investasi. Nggak dihabiskan uangnya untuk hal-hal yang kurang berguna. Dan kita bisa melek berbagai macam hal apa namanya investasi bodong atau perusahaan efek yang ilegal atau investasi ilegal, jadi kita lebih aware.” Harap Ulfa.

Sebagai tambahan informasi, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia atau Galeri Investasi BEI yang menjadi bagian Laboratorium Pasar Modal dan Galeri Investasi di Jurusan Akuntansi PNM tidak hanya terbuka bagi sivitas akademika PNM tapi juga masyarakat umum. Di sana pengunjung dapat bertanya terkait investasi dan melihat pergerakan saham. Selain itu bagi pengunjung yang tertarik mencoba memulai investasi pun dapat membuka rekening saham melalui Galeri Investasi. *(Tim Humas/PIP PNM)

 Seminar pasar modal-10

Tim PNM bersama narasumber dan peserta berfoto bersama saat materi hari kedua.

Seminar pasar modal-2-

Salah satu peserta asal PNM bertanya saat sesi tanya jawab.

Seminar pasar modal-3

Suasana peserta saat seminar Edukasi Pasar Modal tengah berlangsung.

Seminar pasar modal-5-

Salah satu peserta mahasiswa PMM di PNM bertanya saat sesi tanya jawab.

Seminar pasar modal-7

Salah satu peserta mahasiswa PNM bertanya saat sesi tanya jawab.

Seminar pasar modal-9

 Salah satu peserta mahasiswa PMM di PNM bertanya saat sesi tanya jawab.