Gandeng Praktisi Dunia Industri - Prodi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak PNM Teken MoU dan Gelar Kuliah Tamu Bertajuk From Software Engineer To Technopreneur

Kuliah Tamu Prodi TRPL

 Sesi foto bersama pemateri, dosen, dan peserta kuliah tamu Prodi TRPL.

 

PNM – Prodi Sarjana Terapan Teknologi Tekayasa Perangkat Lunak (TRPL) menggelar kuliah tamu bertajuk “From Software Engineer To Technopreneur” pada Selasa (08/11/2023). Bertempat di Auditorium Gedung Budi Tjahjono Kampus 1 PNM, kuliah tamu tersebut diikuti oleh 146 mahasiswa semester 1 asal Prodi TRPL dan Prodi Teknologi Informasi (TI).

Bukan tanpa alasan, pemilihan mahasiswa semester awal sebagai peserta kuliah tamu dilakukan agar mahasiswa baru tidak khawatir akan jurusan yang telah dipilih. Hal tersebut seperti disampaikan oleh Koordinator Prodi TRPL, Nisa'ul Hafidhoh, S.Kom., S.T., M.T. “Agar (mahasiswa semester satu) mendapat gambaran terkait dunia industri di bidang software engineering, sehingga tidak khawatir salah jurusan bagi mahasiswa baru.” Terangnya.

Bertindak sebagai narasumber pada kuliah tamu tersebut yakni Rian Andrian selaku Chief Executive Officer (CEO) PT. Aniqma Kreasi Digital. Tak hanya kuliah tamu, kegiatan tersebut juga diisi dengan penandatanganan MoU antara PNM dan PT. Aniqma Kreasi Digital.

Sebagai informasi, selain berkecimpung di dunia industri Rian yang juga seorang dosen pun tergabung dalam tim di pemerintahan. Di antaranya menjadi Digital Transformation Team di Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri serta Koordinator Divisi Analis di Jabar Digital Service.

Pemilihan narasumber tersebut selaras dengan tujuan kuliah tamu, yakni memberikan wawasan baru bagi mahasiswa. Apalagi tema yang diambil dan narasumber yang dihadirkan pun punya latar belakang serta pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Prodi TRPL dan TI. “Tujuannya memberikan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman baru dari praktisi dunia industri bagi mahasiswa,” ujar Nisa.

Lebih lanjut, Nisa menerangkan bahwa mahasiswa baru cenderung masih meraba-raba terkait apa yang akan dipelajari dan juga prospek karier ke depannya. Untuk itu kuliah tamu ini diharapkan dapat memberikan gambaran terkait hal tersebut. “Dengan kuliah tamu ini memberi gambaran berbagai jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dan kemampuan apa saja yg dibutuhkan.” Jelas Nisa.

Nisa berharap kuliah tamu tersebut dapat memberikan pengalaman dan wawasan baru yang bermanfaat bagi mahasiswa. “Harapannya dapat memberikan pengalaman kuliah baru bagi mahasiswa dan mendapat banyak wawasan dari praktisi yang dapat dimanfaatkan mahasiswa.” Tutup Nisa. *(Tim Humas/PIP PNM)