Genap Berusia Satu Dekade Politeknik Negeri Madiun Resmikan Gedung Laboratorium Perkeretaapian

 

peresmian 1

Foto: Menko PMK menandatangani papan peresmian gedung Lab Perkeretaapian disaksikan oleh Dirjen Diksi dan Direktur PNM

 

Politeknik Negeri Madiun (PNM) menggelar kegiatan peresmian Gedung Laboratorium Perkeretaapian pada Jumat, 10 Februari 2023. Peresmian tersebut merupakan salah satu dari serangkaian acara Gebyar Vokasi PNM. Gedung yang menjadi penanda dasawarsa berdirinya PNM tersebut diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Dalam kesempatan tersebut Menko PMK didampingi oleh Dirjen Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. dan Direktur PNM Muhamad Fajar Subkhan, S.T., M.T. Tak hanya Gedung Laboratorium Perkeretaapian, pada hari yang sama juga dilaksanakan peresmian Laboratorium Stasiun oleh Dirjen Diksi serta Train Set Trainer (hybrid) atau Kereta Trainer oleh Menko PMK. Bahkan, Menko PMK dan beberapa tamu undangan juga berkesempatan menjajal menaiki Kereta Trainer dan mengitari Gedung Laboratorium Perkeretaapian PNM.

Kereta Trainer sendiri menggunakan bahan bakar diesel, baterai, maupun listrik aliran atas (LAA). Bahan bakar yang digunakan tersebut sesuai dengan perjalanan industri kereta api yang tengah bertransformasi menuju manufaktur transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

peresmian 10

Foto: Menteri PMK. Dirjen Diksi, dan DIrektur PNM menekan tombol peresmian gedung lab Perkeretaapian PNM

Sebagai informasi, Gedung Laboratorium Perkeretaapian terletak di Kampus 2 PNM. Pembangunannya sendiri dilakukan melalui pembiayaan dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2022. Gedung seluas 2.460 meter persegi yang pengerjaannya selesai dalam waktu 7 bulan ini ditujukan untuk mendukung kegiatan riset dan juga praktik pembelajaran bagi mahasiswa.

Gedung ini juga dilengkapi dengan 12 laboratorium untuk menghasilkan SDM yang memiliki keahlian dan keterampilan berskala nasional serta internasional di bidang perkeretaapian. Di antaranya yakni Lab Propulsi Diesel, Lab Manufaktur Kereta Api, Lab Proses Manufaktur, Lab Pneumatik Hidraulik, Lab Uji Bahan, Lab Teknik Presisi, Lab Propulsi Listrik, Lab Listrik Dasar, Lab Sistem Kendali, Lab 3D Printing & Mikrokontroler, Lab Otomasi Industri & PLC, dan Lab Desain & Simulasi.

Tak hanya itu, dalam kesempatan peresmian tersebut juga diadakan penandatanganan kerja sama atau MoU (Memorandum of Understanding) antara PNM dengan Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPI), PT Industri Kereta Api Persero (INKA), Swiss International Technical Connection (SITECO), Maspion IT, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

peresmian 7

Foto: Foto bersama usai Guest Lecture di Auditorium Gedung Budi Tjahjono PNM

Rangkaian kegiatan peresmian tersebut lalu dilanjutkan dengan pembukaan Festival Vokasi oleh Dirjen Diksi. Festival yang digelar tanggal 10-11 Februari 2022 itu memamerkan hasil karya siswa maupun mahasiswa. Tujuannya agar masyarakat memahami bahwa pembelajaran di satuan pendidikan vokasi tidak hanya sebatas di ruang kelas, tapi juga bisa menghasilkan berbagai karya inovatif. PNM sendiri memamerkan beberapa karya, di antaranya Mobil Listrik KARISMATIK, Mobil Balap Fuseno EVO 3, dan Smart Traffic Light. Festival Vokasi tersebut juga diikuti tak kurang dari 15 tenant yang terdiri dari SMK di sekitar Madiun, politeknik di Jawa Timur, lembaga kursus, dan juga industri.

Sebagai tambahan informasi, sebelum acara puncak peresmian tersebut serangkaian acara Gebyar Vokasi PNM sendiri telah digelar sejak Selasa (07/02) lewat beberapa kegiatan. Di antaranya Guest Lecture dengan tema Safety in the Transportation Sector: Case Studies of Different Events, Small Lecture dengan tema Presentation of Course Concept For Transportation And Factory Visit, dan seminar internasional yang bertema Sustainable Transportation In Railway Technology.*(Tim Humas/PIP PNM)