Jurusan Akuntansi PNM Kembali Borong 6 Juara pada Olimpiade Akuntansi Vokasi 2024

 OAV 2024 Foto: Dosen dan Tim Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Madiun (PNM) saat Pengumuman Pemenang OAV 2024

 

PNM – Tim Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Madiun (PNM) kembali menorehkan prestasi pada gelaran Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) XII dan Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) VII, 14-17 Mei 2024. Sama seperti tahun 2023 lalu, tim Jurusan Akuntansi PNM berhasil membawa pulang 6 juara pada beberapa cabang OAV VII.

Pengumuman pemenang OAV VII digelar bersamaan dengan Penutupan SNAV XII dan OAV VII pada Kamis (16/05/2024). Kegiatan tersebut bertempat di Aula Soetrisno Widjaja Politeknik Negeri Jember, Jawa Timur.

Keenam prestasi yang berhasil diraih tim Jurusan Akuntansi PNM yakni Juara III Cerdas Cermat Akuntansi (CCA), Juara Harapan II Cerdas Cermat Akuntansi (CCA), Juara III Kategori Individu Cerdas Cermat Akuntansi (CCA), Juara III Best Paper Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara III Best Inspiring Lomba Konten Video, dan Juara II Best Spirit Lomba Poster.

Salah satu dosen pembimbing tim OAV PNM, Ulfa Rahmawati, M. Sc., menceritakan bahwa pada saat kompetisi CCA para dosen pendamping sempat was-was sebab dua tim yang dikirim untuk lomba CCA mulanya tertinggal banyak poin. “Kemarin awalnya tim PNM sempat tertinggal di urutan 10 besar namun di detik-detik akhir menyusul di 3 dan 5 besar.” Jelasnya.

Ulfa menjelaskan bahwa untuk babak penyisihan dan semifinal lomba CCA setiap anggota tim mengerjakan sendiri-sendiri lewat komputer. Hasilnya kemudian diakumulasikan menjadi nilai kelompok.

“Anak-anak ternyata sempat tertinggal banyak poin itu karena mereka masih belum submit jawabannya. Alhamdulilah 1 tim lolos ke babak final dan 1 tim masuk 5 besar juga.” Ujar Ulfa.

Lebih lanjut, selain lomba CCA kelompok, tim Jurusan Akuntansi PNM juga mengantongi Juara III CCA kategori individu. Penilaiannya sendiri menjadi satu dengan penilaian lomba CCA kelompok sebelum diakumulasikan. “Untuk kategori individu itu penilaiannya dari kelompok. Untuk pemenang kategori individu diambil dari nilai terbaik secara individu.” Jelas Ulfa.

Tak hanya lomba CCA, tim Jurusan Akuntansi PNM juga mendapatkan sambutan baik dari juri pada lomba Karya Tulis Ilmiah. Paper tim PNM berjudul “Peran City Banding dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah sebagai Transformasi Ekonomi  yang Inklusif dan Berkelanjutan” pun memperoleh Juara III.

Paper tersebut membahas peranan Pahlawan Street Center dalam peningkatan pendapatan asli daerah Madiun. Dan paper ini merupakan pertama kalinya tim jurusan Akuntansi PNM meraih prestasi ini dalam rangkaian OAV”. Ucap Ulfa menjelaskan.

Ulfa berharap para mahasiswa dapat terus belajar dan memberikan manfaat di mana pun berada. “Harapannya mahasiswa terus belajar, terus berkarya bermanfaat di mana pun berada,  dan tetap rendah hati atas segala capain yang diperoleh.” Ujar Ulfa berpesan.

Sebagai tambahan informasi, OAV merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dan diikuti oleh politeknik seluruh Indonesia. Bertajuk “Penerapan Riset Akuntansi Terapan dalam mempercepat Transformasi Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan”, OAV VII diikuti oleh 25 perguruan tinggi vokasi negeri se-Indonesia.

Tim OAV PNM sendiri dibimbing oleh tim dosen pengajar untuk membantu persiapan OAV 2024. Tim dosen tersebut yakni Ulfa Rahmawati, M. Sc., Permatasari Cahyaningdyah, M. Sc., Amri Amrullah, M. Si., dan Mukti Prasaja, M. Si.

Berikut enam daftar juara yang diraih tim Jurusan Akuntansi PNM dalam OAV VII tahun 2024:

  1. Juara III Cerdas Cermat Akuntansi (CCA):

- Amalia Kulsum (D3 Akuntansi)

- Kurnia Dwi N (D3 Akuntansi)

- Alen Azharun (D4 Akuntansi Perpajakan)

 

  1. Juara Harapan II Cerdas Cermat Akuntansi (CCA):

- Fathia Sabrina (D4 Akuntansi Perpajakan)

- Yunita Dwi R (D4 Akuntansi Perpajakan)

- Daffa Ardian N (D4 Akuntansi Perpajakan)

 

  1. Juara III Kategori Individu Cerdas Cermat Akuntansi (CCA):

-Fathia Sabrina (D4 Akuntansi Perpajakan)

 

  1. Juara III Best Paper Lomba Karya Tulis Ilmiah:

- Dhea  Dwi Kurniawati (D3 Akuntansi)

- Adilla Secio M (D4 Akuntansi Perpajakan)

- Amalia Kulsum (D3 Akuntansi)

 

  1. Juara III Best Inspiring Lomba Konten Video:

- Khirana Kusumastutie (D3 Akuntansi)

- Syafika Putri W (D3 Akuntansi)

- Niken Widyowati (D3 Akuntansi)

 

  1. Juara II Best Spirit Lomba Poster:

- Attaya Ramadhani (D4 Akuntansi Perpajakan)

- Aila Dafera (D3 Akuntansi)

 

*(Tim Humas/PIP PNM)