LSP P1 PNM Gelar Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2022

x-sertikom PNM rez

Madiun – Senin (8/8), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Politeknik Negeri Madiun (PNM) menggelar kegiatan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi bagi Mahasiswa Vokasi tahun 2022. Rangkaian kegiatan pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi (Sertikom) yang terdiri dari pembekalan, uji kompetensi, dan pleno hasil uji kompetensi tersebut berlangsung mulai 28 Juli - 10 Agustus 2022.

Tahun ini merupakan kali ketiga LSP P1 PNM mengadakan Sertikom. Dua tahun sebelumnya, LSP P1 PNM bekerja sama dengan INKA dan LSP dari luar guna menyelenggarakan Sertikom. Namun pada awal tahun 2022, LSP P1 PNM telah mendapatkan lisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk menyelenggarakan Sertikom dengan enam skema. Kali ini LSP P1 PNM mendapatkan dana hibah dari Kemendikbud untuk total 240 mahasiswa.

Keenam skema pelaksanaan Sertikom PNM tahun 2022 yaitu Junior Engineer, Welding Foreman, Asisten Manager Perancangan Instalasi Pemanfaatan Tegangan Rendah, Teknisi Utama Jaringan Komputer, Sekretaris (Secretary), dan Pemimpin Perjalanan Wisata (Tour Leader). Penguji Sertikom tersebut adalah dosen PNM yang sudah mempunyai sertifikat sebagai asesor. Sedangkan tempat uji kompetensi (TUK) keenam skema pun bervariasi, baik di Kampus 1 maupun Kampus 2 PNM tergantung dari skema pelaksanaan Sertikom.

Berikut daftar jumlah peserta dan TUK Sertikom 2022 PNM:
-Junior Engineer (5 paket / 50 mahasiswa): TUK TKK (Lab.302) Kampus 1 PNM
-Welding Foreman (4 paket / 40 mahasiswa): TUK Mesin Otomotif (Workshop Kerja Bangku dan Pengelasan) Kampus 2 PNM
-Asisten Manager Perancangan Instalasi Pemanfaatan Tegangan Rendah (3 paket / 30 mahasiswa): TUK TL (Lab.316) Kampus 1 PNM
-Teknisi Utama Jaringan Komputer (3 paket / 30 mahasiswa): TUK TI (Lab.214) Kampus 1 PNM
-Sekretaris (Secretary) (5 paket / 50 mahasiswa): TUK AB, Gedung Adbis, Kampus 2 PNM
-Pemimpin Perjalanan Wisata (Tour Leader) (4 paket / 40 mahasiswa): TUK BI, Gedung Adbis, Kampus 2 PNM.

Uji kompetensi tersebut dirancang untuk menilai kompetensi yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode observasi langsung / praktik demontrasi, pertanyaan tertulis, pertanyaan lisan, verifikasi portofolio, wawancara, dan metode lainnya yang andal dan objektif, serta berdasarkan dan konsisten dengan skema sertifikasi.

Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan punya daya saing global. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan Pendidikan Tinggi Vokasi agar selaras dengan kebutuhan dunia industri. Semoga seluruh mahasiswa dinyatakan kompeten atau lolos Sertikom dan tahun depan PNM dapat menambah skema baru untuk mengakomodir kompetensi-kompetensi lainnya. *(Tim Humas/PIP PNM)