Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Juara 2 Lomba Master of Ceremony Business Administration Olympic 2024

BAO 2024Foto: Rhekian (tengah) berfoto bersama Juara 1 dan 3 usai acara.

 

PNM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun (PNM) menorehkan prestasi pada gelaran Business Administration Olympic (BAO) 2024, Sabtu (08/06/2024). Bertempat di Politeknik Negeri Malang (Polinema), salah satu delegasi PNM Rhekian Wilis Yudha Aryanthi berhasil membawa pulang gelar Juara 2 cabang Master of Ceremony (MC).

BAO merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Business Festival (B-Fest) 2024 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Polinema dengan skala nasional. BAO 2024 mengusung tiga cabang lomba, di antaranya Secretarial Skills, Business Plan, dan Master of Ceremony. Rhekian sendiri mengikuti lomba MC dan dibimbing oleh dosen Prodi Administrasi Bisnis PNM yakni Triana Prihatinta, S.Sos., M.M. dan Niza Nurmalasari, S.S., M.M.

Niza menyampaikan bahwa untuk cabang MC peserta diminta membawakan dua tema, formal dan informal. Di mana pada awal penyisihan peserta diminta untuk membawakan tema formal dengan mengirimkan video terlebih dahulu. Pada babak tersebut Rhekian berhasil memperoleh nilai tertinggi.

“Alhamdulillah di babak penyisihan awal Rhekian Wilis Yudha Aryanthi mendapatkan nilai tertinggi dari 18 peserta. Selanjutnya, pada babak akhir perlombaan Rhekian membawakan tema informal dengan mendapatkan Juara 2.” Terang Niza.

Menurut Niza, antusiasme dan semangat mahasiswa saat berlatih begitu menginspirasi. Di antaranya seperti saat mempersiapkan lomba, mengirimkan video dengan mematuhi aturan-aturan yang ketat seperti kostum, materi teks, dan indikator penilaian sesuai panduan dari panitia. “Pada hari-H, para mahasiswa memberikan yang terbaik dalam perlombaan, dan semangat mereka membuat kami sangat bangga.” Ujarnya.

Tahun 2024 ini bukan kali pertama bagi Rhekian dan delegasi PNM mengikuti BAO. Tahun lalu Rhekian pun sempat berlaga namun belum membawa pulang gelar juara. Rhekian menyebutkan bahwa teknis perlombaan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun dengan persiapan lebih baik dari tahun lalu Rhekian berhasil menyabet Juara 2.

“Dari teknis perlombaan, jauh berbeda dengan tahun lalu. Di mana tahun lalu diperboleh teks MC dipersiapkan sebelumnya, namun tahun ini harus tulis tangan di tempat dan tidak diperkenankan melihat handphone.” Jelas Rhekian.

Rhekian pun menyampaikan terima kasih kepada para dosen yang telah memfasilitasi dan memberikan bimbingan yang jauh lebih baik daripada tahun lalu. “Bimbingan dan arahan Bapak Ibu memotivasi saya untuk menampilkan yang terbaik yang saya bisa dan lebih baik juga daripada tahun lalu. Hingga alhamdulillah saya pulang ke Madiun membuahkan hasil berkat dukungan orang tua, Bapak Ibu, dan teman-teman seperjuangan BAO.” Ujarnya penuh syukur.

Niza selaku salah satu dosen pembimbing berharap para mahasiswa dapat terus mempertahankan semangat dan antusiasme dalam setiap langkah mereka. “Semoga pengalaman ini menjadi pembelajaran berharga yang memotivasi untuk selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal. Kami yakin masa depan kalian cerah dan penuh dengan prestasi.” Tuturnya.

Lebih lanjut Niza berharap agar mahasiswa tetap semangat dan terus berusaha mencapai impian. “Semoga ke depannya akan muncul talenta-talenta baru dari kalangan mahasiswa yang antusias mengasah bakatnya hingga mencapai tingkat internasional.” Tutup Niza.