Moncer dalam Funtaxtic 2024 Tim Tax Center Politeknik Negeri Madiun Borong 4 Juara

Funtaxic 2024

Foto: Tim Tax Center PNM berfoto bersama setelah gelaran Funtaxtic 2024 usai.

 

PNM – Tax Center Politeknik Negeri Madiun (PNM) kembali mengukir prestasi. Kali ini tim Tax Center PNM berhasil memborong empat juara pada gelaran Funtaxtic 2024. Kegiatan dalam rangka Hari Pajak tersebut diadakan di Kanwil DJP 2 Jatim, Senin (15/07/2024).

Tim Tax Center PNM yang dibina oleh tiga dosen Jurusan Akuntansi yakni Hedi Pandowo, S.Kom., M.Kom., Amri Amrullah, S.E., M.Ak. dan Koerniawan Dwi Wibawa, S.ST., M.S.A. moncer di semua cabang lomba Funtaxtic 2024. Keempat juara tersebut di antaranya Juara 1 Lomba Video Reels, Juara 1 Lomba Desain Poster, Juara 1 Lomba Tutur Pajak, dan Juara 2 Lomba Jingle Pajak.

Berikut daftar juara yang diraih dan nama anggota Tim Tax Center PNM: Juara 1 Lomba Video Reels oleh Dwi Tia Agustin (Akuntansi), Juara 1 Lomba Desain Poster oleh Sifa Rani (Akuntansi), Juara 1 Lomba Tutur Pajak oleh Husnul Nur Annisa (Akuntansi Perpajakan), dan Juara 2 Lomba Jingle Pajak oleh Sifa Rani (Akuntansi), Dio Maulana Chandra (Akuntansi Sektor Publik), Yurisa Nanda Cristiani (Akuntansi), Mickia Lukchrisdinata Pradana (Akuntansi Perpajakan), dan Gustamilian Tyas Adhiwijaya (Teknologi Rekayasa Otomotif).

Saat ditanya terkait salah satu anggota tim Tax Center PNM dalam lomba Jingle Pajak yang berasal dari Jurusan Teknik, Amri sebagai salah satu dosen pembina menjelaskan jika peserta lomba boleh berasal dari program studi apa pun. “Sejatinya pajak adalah untuk semua, begitu pun relawan pajak yang ada di Tax Center, boleh dari prodi mana pun.” Ujar Amri menjelaskan.

Tahun ini bukan kali pertama PNM berprestasi dalam gelaran Funtaxtic. Amri menjelaskan bila tahun 2022 dan 2023 lalu PNM pun membawa pulang gelar juara dalam cabang Cerdas Cermat Pajak. Namun tahun ini cabang tersebut ditiadakan dan diganti dengan empat cabang lomba lain: Lomba Video Reels, Lomba Desain Poster, Lomba Tutur Pajak, dan Lomba Jingle Pajak.

“Tahun lalu PNM menang lomba Cerdas Cermat Pajak, namun tahun ini lomba tersebut ditiadakan dan tersedia 4 lomba berbeda serta semuanya meraih juara.” Sebut Amri.

Lebih lanjut Amri menyatakan bahwa tim telah mempersiapkan diri untuk lomba Cerdas Cermat Pajak namun lomba tersebut ditiadakan. “Awalnya kami pesimis, mengingat waktu persiapan yang sangat singkat, tapi ternyata para relawan pajak kami memang memiliki bakat dan kreativitas yang luar biasa. Sebagai pembimbing, kami pun kaget dengan bakat yang dimiliki para relawan pajak.” Ujarnya.

Menurut Amri Tim Tax Center PNM sempat keteteran dalam mempersiapkan lomba. Namun Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun selalu memberikan dukungan sehingga membantu Tim Tax Center PNM untuk menghasilkan karya yang baik. “Kami diizinkan menggunakan peralatan dan tempat milik kantor pelayanan pajak untuk pengambilan gambar untuk lomba Video Reels dan Story Telling (Tutur Pajak).” Jelasnya.

Cerita menarik pun sempat terjadi saat pelaksanaan lomba Tutur Pajak. Perwakilan Tim Tax Center PNM Husnul Nur Annisa berhasil membuat semua orang terbawa suasana dan ikut menangis mendengar cerita yang ia sampaikan. “Husnul menceritakan bagaimana seorang anak SMA dari keluarga kurang mampu yang berhasil kuliah menggunakan KIP Kuliah di PNM. Dana KIP Kuliah kan berasal dari pembayaran pajak.” Jelas Amri.

Tak hanya itu, Tim Tax Center PNM pun mendapatkan apresiasi dari Ketua Kanwil DJP Jatim 2 dan Kepala KPP Pratama Madiun. “Beliau menyampaikan akan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan bersama dengan mahasiswa relawan pajak PNM dalam rangka sosialisasi pajak.” Terang Amri.

Amri berharap apresiasi tersebut akan menjadi awal kerja sama yang lebih erat dengan Direktorat Jenderal Pajak sehingga dapat mendukung kegiatan tridharma di PNM. Selain itu Amri juga berharap tahun depan bisa kembali mendominasi perlombaan Hari Pajak 2025. *(Tim Humas/PIP PNM)