PNM Tanda Tangani MoU dan PKS dengan 10 Industri Ketenagalistrikan

MoU pln rez

Madiun – Rabu (7/9), Prodi D-III Teknik Listrik Politeknik Negeri Madiun (PNM) melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan 10 perusahaan yang bergerak di bidang industri ketenagalistrikan pada Selasa (30/8). Penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung di Auditorium Gedung Budi Tjahjono Kampus 1 PNM. Kolaborasi antara PNM dan industri merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan kompetensi lulusan.

Direktur PNM Muhamad Fajar Subkhan, S.T., M.T. dalam sambutannya mengaku sangat senang mitra industri bisa hadir guna bersama-sama mewujudkan salah satu keinginan bangsa, yaitu link and match antara industri dengan Perguruan Tinggi guna menyiapkan anak bangsa menjadi lebih terampil dan lebih bisa diterima oleh industri. Lebih lanjut, Muhamad Fajar mengatakan bahwa ada satu kata kunci, yaitu pendidikan harus didekatkan dengan industri ataupun sebaliknya.

Selain penandatanganan MoU dan PKS, dalam kegiatan tersebut juga terdapat sesi diskusi antara PNM dengan pihak industri ketenagalistrikan. Tujuan diskusi adalah untuk mendapatkan masukan konkret dari industri mengenai tindak lanjut PKS maupun pengalaman industri dalam menerima mahasiswa dan juga dalam kegiatan PBL (Project Based Learning).

Lewat diskusi tersebut, diketahui bahwa dunia pendidikan terutama Perguruan Tinggi Vokasi benar-benar melibatkan dunia industri untuk berkolaborasi. Mulai dari proses memasak kurikulum, proses pembelajaran melibatkan industri, serta membekali mahasiswa dengan keterampilan lain dalam wujud sertifikat kompetensi sehingga lulusan betul-betul siap kerja sesuai kebutuhan industri. Tujuannya agar harapan Pemerintah lewat link and match dengan dunia industri dapat menghasilkan mahasiswa yang berkualitas.

Berikut daftar nama 10 perusahaan yang menandatangani MoU maupun PKS dengan Prodi D-III Teknik Listrik PNM:
1. PT. Gansar Jaya
2. PT. Lisan Nusantara Satu
3. PT. Kalisna Putra Cahaya
4. PT. Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri
5. PT. Rekaindo Global Jasa
6. PT. Krida Bangun Buana
7. Paklina (Persatuan Kontraktor Listrik Nasional)
8. CV Surya Buana
9. CV Parama Multi Konsultan
10. PT. Suryo Unggul Nusa Konsultan
*(Tim Humas/PIP PNM)