Politeknik Negeri Madiun Cetak Prestasi pada KMIPN VI Tahun 2024: Prodi Teknik Komputer Kontrol Langganan Juara IoT

Desain tanpa judul (18)Foto: Tim Pendekar dan Tim Alfa berfoto di halaman Gedung PUT Politeknik Negeri Jakarta.

 

 

PNM – Politeknik Negeri Madiun (PNM) tak henti berbangga. Dua tim asal PNM kembali mencetak prestasi dalam ajang Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) VI tahun 2024 di Politeknik Negeri Jakarta, Rabu (03/07/2024).

Kali ini Tim Pendekar yang digawangi oleh mahasiswa Prodi Teknik Komputer Kontrol (TKK) kembali membawa kemenangan yakni mencetak Juara 2 kategori Internet of Things (IoT). Tidak hanya itu, Tim Alfa yang digawangi mahasiswa Prodi Teknologi Informasi (TI) dan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) pun lolos sebagai finalis pada kategori Pengembangan Aplikasi Permainan.

KMIPN VI tahun 2024 sendiri diselenggarakan di Politeknik Negeri Jakarta dan diikuti oleh 40 politeknik dari seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta. Ketua Panitia KMIPN VI, Bambang Warsuta, S.Kom., M.T.I. mengungkapkan bahwa kompetisi kali ini diikuti oleh 127 finalis dari berbagai politeknik. Ada delapan kategori yang dilombakan, yaitu Animasi, E-Government, Hackathon, Perencanaan Bisnis TIK, Cipta Inovasi, Perancangan Aplikasi Permainan, Internet of Things, dan Keamanan Siber.

Tahun ini, KMIPN VI mengangkat tema ”Inovasi Vokasi untuk Tren Informatika Masa Depan”. Tema tersebut menekankan pentingnya inovasi vokasi dalam mempersiapkan tenaga kerja yang siap menghadapi revolusi digital. Tema ini sesuai dengan kebutuhan pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap tren informatika.

Gelaran KMIPN VI juga dihadiri oleh Direktur PNJ, Dr. Syamsurizal SE, MM; Ketua Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik Se-Indonesia (Bakorma); Vice President PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Ahmad Munasit; Direktur dan Wakil Direktur Politeknik Se-Indonesia, Forum Ketua Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Se- Indonesia, serta Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang turut berpartisipasi dalam KMIPN VI tahun 2024.

 

Prodi Teknik Komputer Kontrol Langganan Juara KMIPN

Pada gelaran KMIPN VI ini Tim Pendekar yang digawangi oleh mahasiswa Prodi Teknik Komputer Kontrol (TKK) berhasil mencetak Juara 2 kategori IoT. Prestasi tersebut bukanlah kali pertama bagi Prodi Teknik Komputer Kontrol pada ajang KMIPN.

Sebelumnya, pada KMIPN V tahun 2023 Tim Berkah berhasil menyabet Juara 1 kategori IoT. Begitu pula pada KMIPN IV tahun 2022, Tim Aren juga berhasil menyabet Juara 1 pada kategori yang sama. Praktis, selama tiga tahun berturut-turut tim Prodi Teknik Komputer Kontrol PNM bisa dikatakan menempati posisi dua besar juara bertahan kategori IoT pada KMIPN.

Sebagai tambahan informasi, Internet of Things atau IoT adalah konsep yang melibatkan perangkat-perangkat yang dapat mengirim data tanpa memerlukan interaksi langsung antara manusia, baik dengan manusia lain maupun dengan komputer. IoT memanfaatkan jaringan internet untuk menghubungkan perangkat-perangkat ini agar bisa saling bertukar data.

Berikut nama pembimbing dan anggota Tim Pendekar asal prodi Teknik Komputer Kontrol PNM yang mendapat Juara 2 kategori Internet of Things (IoT) KMIPN VI:

Pembimbing:

-       Sulfan Bagus Setyawan,S.ST.,M.T.

Anggota:

-       Faiza Pramudia Ardani (Teknik komputer Kontrol)

-       Desna Fitria Devi (Teknik Komputer Kontrol)

-       Raisa Zahra Salsabila (Teknik Komputer Kontrol)

Tidak hanya Tim Pendekar, PNM juga mengirimkan Tim Alfa yang digawangi oleh mahasiswa Prodi Teknologi Informasi dan Prodi Teknologi Rakayasa Perangkat Lunak. Tim Alfa berhasil menjadi finalis pada kategori lomba Pengembangan Aplikasi Permainan. Lomba tersebut mendorong peserta untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan aplikasi permainan yang mampu memenuhi kriteria permainan yang mendidik, bermanfaat, dan berdampak positif serta menghibur (entertaining).

Berikut daftar nama pembimbing dan anggota Tim Alfa asal Prodi Teknologi Informasi dan Prodi Teknologi Rakayasa Perangkat Lunak PNM dalam KMIPN VI:

Pembimbing:

-       Ikhwan Baidlowi Sumafta, S.Kom., M.Kom.

Anggota:

-       Muhammad Alfandi Nurcahyono (Teknologi Informasi)

-       Alfonsus William (Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak)

-       Nabila Carrissa Dewi (Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak)

Pembimbing Tim Pendekar, Sulfan Bagus Setyawan, S.ST.,M.T. menyampaikan terima kasih kepada tim dari PNM yang telah bekerja keras. Sulfan pun berharap agar tahun depan dapat mempertahankan dan meningkatkan gelar yang sudah diraih. “Semoga dapat mempertahankan dan meningkatkan gelar yang sudah dicapai. Kemudian semoga tahun depan kalua bisa semua divisi bisa lolos sampai final dan bisa juara umum.” Pesan Sulfan. *(Tim Humas/PIP PNM)