Prodi Perkeretaapian PNM Sabet Juara 3 National Welding Competition 2023

nwc2023-1

 

Radiffa Aditama saat menerima penghargaan Juara 3 NWC 2023. 

PNM – Prodi Perkeretaapian Politeknik Negeri Madiun (PNM) meraih Juara 3 dalam ajang National Welding Competition (NWC) 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 15-19 Agustus 2023. Ialah Radiffa Aditama, mahasiswa Prodi Perkeretaapian yang merupakan salah satu delegasi PNM ini meraih Juara 3 NWC 2023 lewat kategori Plate GMAW 3G yang digelar di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Prestasi tersebut bukanlah kemenangan pertama Radiffa dalam ajang NWC lewat kategori Plate GMAW 3G. Tahun lalu Radiffa juga membawa pulang prestasi sebagai Juara Harapan 3 dengan kategori sama dalam NWC 2022 yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Medan.

National Welding Competition (NWC) merupakan kompetisi pengelasan yang diikuti oleh mahasiswa Politeknik/PendidikanTinggi Vokasi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia.Peserta NWC akanmenghadapi tantangan untuk mengerjakan tentang teori pengelasan danbenda kerja yang telah ditentukan, serta dengan waktuyang terbatas peserta dituntut untuk menghasilkan hasil las yangsempurna.

nwc2023-2

Pembina dan mahasiswa delegasi PNM untuk NWC 2023.

Lomba NWC sendiri dimaksudkan untuk melihat skill kompetensi dan pengetahuan terbaik seperti pada standar internasional. Di mana penilaian akan pengetahuan dan keterampilan dilakukan melalui ujian tulis dan praktik.

Mahasiswa Prodi Perkeretaapian Radiffa Aditama mengikuti kategori Plate GMAW 3G, di mana kategori tersebut melakukan pengelasan pada plat dengan posisi 3G menggunakan mesin las Gas Metal Arc Welding (GMAW). Kategori tersebut pun menuntut peserta untuk melakukan pengelasan secara sempurna.

Sebagai tambahan informasi, NWC 2023 bertema "Mewujudkan SDM yang Unggul dan kompeten dalam Dunia Industri di Bidang Pengelasan". Sama seperti tahun lalu, NWC tahun ini pun melombakan enam kategori. Di antaranya kategori Plate SMAW Challenge Position, Plate SMAW 3G, Plate GMAW 3G, Pipe SMAW 2G, Pipe GMAW 2G, dan Pipe GTAW 2G. *(Tim Humas/PIP PNM)