Tim Arshaka PNM Sabet Juara 1 National PLC Competition SEVENT 2022

PLC rez

Madiun – Senin (26/9), Tim Arshaka Politeknik Negeri Madiun (PNM) berhasil menyabet gelar Juara 1 pada National Programmable Logic Controller (PLC) Competition SEVENT (Sriwijaya Electro National Event) tahun 2022. Anggota Tim Arshaka PNM terdiri dari dua mahasiswa Prodi Teknik Listrik, yaitu Ade Reza F. S dan Wahyu Laksana Putra.

Perlombaan yang digelar oleh Politeknik Negeri Sriwijaya tersebut dilaksanakan secara daring pada tanggal 18-19 September 2022. Sedang pengumuman total penilaian juri keseluruhan babak final dikeluarkan pada Senin (20/9).

PLC sendiri merupakan sistem yang dapat memanipulasi dan memonitor keadaan proses pada laju yang amat cepat, dengan dasar data yang bisa diprogram. National PLC Competition kali ini melombakan pemrograman PLC yang menggunakan ladder. PLC menerima input dan menghasilkan keluaran sinyal listrik untuk mengendalikan suatu sistem.

Selain National PLC Competition, SEVENT 2022 juga memiliki dua kategori lomba lain. Di antaranya Printed Circuit Board (PCB) Design Competition dan E-Football Competition.

SEVENT 2022 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya. Memiliki tema “Ready to Restart Creativity for Pandemic Recovery and Explore Technology for Gen Z to Reach SDG's 2030”, SEVENT 2022 terdiri dari perlombaan tingkat nasional di bidang elektro. *(Tim Humas/PIP PNM)