Edukasi Pasar Modal 2024 oleh Kelompok Studi Pasar Modal PNM Hadirkan Sejumlah Kebaruan

1- edukasi pasar modal pnm

Foto: Segenap dosen, pemateri, dan peserta berfoto bersama di sela-sela rangkaian acara Edukasi Pasar Modal PNM.

  

PNM – Edukasi Pasar Modal yang menjadi salah satu kegiatan rutin tahunan oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Politeknik Negeri Madiun (PNM) kembali menyajikan seminar inspiratif. Tak hanya seminar bertajuk “Strategies And Innovations for Sustainable Investment”, rangkaian kegiatan tahun ini juga memiliki sejumlah kebaruan.

Sebagai catatan, Edukasi Pasar Modal merupakan salah satu bentuk kerja sama PNM dengan PT. Bursa Efek Indonesia dan Phintraco Sekuritas. Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia PNM, Ulfa Rahmawati, S.E., M.Sc. menyampaikan bahwa kegiatan edukasi pasar modal bertujuan memberikan dan meningkatkan literasi keuangan, khususnya investasi di pasar modal untuk mahasiswa.

Bertempat di Auditorium Kampus 1 PNM, rangkaian kegiatan Edukasi Pasar Modal berlangsung selama dua hari, mulai 17-18 September 2024. Peserta seminar berasal dari mahasiswa semester tiga Jurusan Akuntansi PNM sejumlah 245 orang yang terbagi dalam dua hari.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini  Galeri Bursa Efek PNM beralih wilayah. “Untuk tahun ini Galeri Bursa Efek PNM beralih wilayah, dari di bawah naungan BEI Kantor Perwakilan Jatim dan Phintraco Perwakilan Jatim menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan (KP) Jateng 2 dan Phintraco Sekuritas Solo.” Terang Ulfa.

Pemateri pada seminar kali ini pun mengikuti peralihan wilayah tersebut. Di antaranya dari BEI KP Jateng 2 dan Phintraco Sekuritas Solo. Di samping itu, tahun ini BEI juga menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga pengawas industri jasa keuangan untuk turut memberikan materi dalam rangkaian kegiatan Edukasi Pasar Modal. Beberapa pemateri yaitu Syarifatus Salafin dan Arief Rachman dari OJK Kediri, Ari Seta Kurniawan dari BEI KP Jateng 2, dan Kartika Nugroho dari Phintraco Sekuritas.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini terdapat kebaruan dalam rangkaian kegiatan Edukasi Pasar Modal oleh KSPM PNM yakni Stocklab Education. Stocklab Education merupakan permainan edukasi dengan media kartu yang digunakan untuk lebih memahami investasi di pasar modal.

Selain mahasiswa PNM, kegiatan tersebut pun diikuti mahasiswa kampus lain di area Madiun Raya yang juga berada dalam naungan BEI KP Jateng 2. Di antaranya mahasiswa Universitas PGRI Madiun, Universitas Merdeka, dan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pada kegiatan Stocklab Education tersebut para mahasiswa berkesempatan diajari langsung oleh tim BEI KP Jateng 2 dan OJK terkait investasi di pasar modal.

Tidak hanya itu, agenda menarik lain yang dihadirkan yakni kompetisi konten foto/video yang berkaitan dengan rangkaian kegiatan Edukasi Pasar Modal. “OJK memfasilitasi kompetisi video/foto konten berkaitan dengan kegiatan Edukasi Pasar Modal selama berlangsungnya acara.” Ujar Ulfa.

Ulfa berharap melalui kegiatan Edukasi Pasar Modal para mahasiswa dapat lebih memahami pentingnya manajemen keuangan. “Adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa bisa menyadari dan lebih memahami pentingnya manajemen keuangan, bagaimana mahasiswa bijak mengalokasikan dana yang dimiliki untuk investasi masa depan, bukan malah digunakan untuk judi online ataupun hal lain yang bisa merugikan masa depan mahasiswa.” Tutup Ulfa. *(Tim Humas/PIP PNM)