Bebras Challenge 2022 oleh Bebras Biro PNM Diikuti 1356 Peserta

4 up

Madiun – Bebras Challenge (Tantangan Bebras) 2022 kelar dilaksanakan, tepatnya pada tanggal 7-12 November 2022 kemarin. Tahun ini, sebanyak 1.356 peserta yang tergabung dalam empat kategori mengikuti Bebras Challenge yang diselenggarakan oleh Bebras Biro Politeknik Negeri Madiun (PNM).

Keempat kategori Bebras Challenge tersebut yaitu SiKecil (SD/MI kelas 1-3), Siaga (SD/MI kelas 4-6), Penggalang (SMP/MTs), dan Penegak (SMA/SMK/MA). Jumlah peserta Bebras Challenge 2022 oleh Bebras Biro PNM yaitu SiKecil sebanyak 185 peserta, Siaga sebanyak 1.020 peserta, Penggalang sebanyak 43 peserta, dan Penegak sebanyak108 peserta.

Bebras Biro PNM sendiri merupakan salah satu dari 90 Bebras Biro di Indonesia. Tahun 2022 menjadi kali keempat Bebras Biro PNM menyelenggarakan Tantangan Bebras atau Bebras Challenge.

Bebras Challenge bertujuan agar siswa dapat belajar Computational Thinking selama maupun setelah lomba. Bebras Challenge adalah bagian kegiatan dari Bebras Indonesia yang mana merupakan sebuah inisiatif internasional yang bertujuan untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika) di kalangan guru dan murid mulai tingkat SD, serta untuk masyarakat luas.

Sebelumnya, pada bulan Oktober lalu Bebras Biro PNM telah melakukan sosialisasi kepada para guru dari berbagai sekolah secara daring. Sedang untuk pelaksanaan Bebras Challenge bagi siswa oleh Bebras Biro PNM dilakukan di sekolah masing-masing dan juga di Laboratorium TI PNM bagi kategori Penegak dari beberapa sekolah yang dekat dengan PNM.

Bebras Challenge sendiri dilaksanakan setahun sekali sesuai jadwal pekan Bebras (Bebras Week) di seluruh dunia oleh anggota komunitas Bebras Internasional di negara masing-masing. Di Indonesia, Bebras Week tahun ini dilakukan secara serentak pada tanggal 7-12 November 2022. Sedang pengumuman hasil tantangan nantinya bakal dipublikasikan di laman bebras.or.id. *(Tim Humas/PIP PNM)